Uncategorized

Harga Minyak Kembali Menguat, Apakah Komoditas Lain Mengikuti?

Harga minyak mentah kembali melanjutkan penguatan setelah Kuwait memberikan sinyalemen mendukung keputusan OPEC untuk memperpanjang masa pemangkasan produksi. Di West Texas Intermediate (WTI) harga minyak naik sebesar 1,7% sementara harga minyak Brent naik sebesar 1 %. Hal berbeda terjadi di komoditas minyak sawit (CPO) yang pada kamis kemarin ditutup melemah sebesar -2,28% yang merupakan level terendah baru sepanjang 2017. Menurunya harga CPO ini merupakan imbas dari menurunya harga minyak kedelai sebagai komoditas substitusi. Selain itu kembali pulihnya produksi setelah mengalami cuaca kering El Nino disinyalir juga akan meningkatkan suplai CPO global. Dari logam mulia, harga emas, timah dan nikel mengalami pelemahan masing masing sebesar -0,92%, 0,20% dan -0,02%.

Pada perdagangan kemarin bursa Amerika ditutup menguat dikarenakan pertumbuhan belanja konsumen yang naik dari 3% menjadi 3,5%. Indeks Dow jones menguat sebesar 0,33% kemudian S&P 500 dan Nasdaq masing – masing menguat sebesar 0,29% dan 0,28%. Dari bursa Eropa, kenaikan saham – saham dari sektor tambang dan energi menopang penguatan indeks. DAX Jerman dan CAC 40 Perancis masing masing menguat sebesar 0,44% dan 0,41% namun FTSE melemah tipis sebesar -0,06%.

Pergerakan indeks hari ini diperkirakan akan menguat terbatas, tekanan beli kuat di akhir perdagangan kemarin akan berlanjut pada awal perdagangan hari ini meskipun secara teknikal IHSG sudah berada di area jenuh beli.