Uncategorized

Kemenangan paslon nomor 3, emiten apa saja yang mendapatkan sentimen positif?

Pilkada DKI Jakarta telah usai dengan hasil quick count dari tiga lembaga survey yang menunjukkan bahwa pasangan nomor tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi pemenang di putaran kedua ini. Seperti diketahui pasangan nomor tiga didukung oleh taipan Harry Tanoe yang mempunyai beberapa perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia. Kemenangan ini akan memberikan sentimen positif bagi pergerakan emiten – emiten yang terkait dengan pasangan tersebut dan Hari Tanoe. Untuk Sandiaga Uno emiten – emiten yang berkaitan adalah ADRO, SRTG, dan PALM  sedangkan Hari Tanoe adalah MNCN, BMTR, BHIT, KPIG dan BCAP.

Commodities Update:

Harga minyak pada perdagangan kemarin ditutup turun tajam. Harga minyak WTI untuk kontrak Mei berakhir dengan pelemahan 3,76% ke level US$ 50,44 per barel. Sedangkan patokan Eropa yaitu minyak Brent, harganya turut melemah 3% ke level US$ 52,93 per barel. Penurunan ini berkaitan dengan tidak sesuainya ekspektasi penurunan stok minyak mentah Amerika yang hanya berkurang sebanyak satu juta barel. Jumlah stok yang tinggi menunjukkan bahwa permintaan akan minyak tidak sekuat seperti dugaan semula.

Dari komoditas lain, harga batubara juga turut melemah. Di bursa Rotterdam, harga batubara turun 0,46% untuk pengiriman April sedangkan untuk pengiriman Mei turun sebanyak 0,2%. Sementara itu, dari komoditas minyak sawit atau CPO, sentimen negatif kembali datang dari kenaikan produksi Malaysia sebanyak 16% yang menjadi kenaikan bulanan terbesar sejak September 2016. Harga CPO pada perdagangan kemarin turun sebanyak 0,88% ke level 2473 ringgit per ton.

Market Update:

Bursa Amerika berakhir di zona merah pada perdagangan kemarin. Indeks Dow Jones turun sebanyak 0,6% dan S&P 500 melemah sebanyak 0,2% akibat emiten – emiten pada sektor financial menghentikan rally kenaikanya  dan berbalik turun 0,3%. Selain itu sektor energi juga turut menyumbang pelemahan akibat merosotnya harga minyak.  Dari bursa Eropa, mayoritas indeks mengalami penguatan kecuali FTSE Inggris yang justru turun sebanyak 0,46%. Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Perancis masing – masing mengalami kenaikan sebesar 0,13% dan 0,27%.Penguatan indeks Eropa ditopang oleh emiten – emiten sektor otomotif yang melaporkan kenaikan penjualan.

Pergerakan IHSG kami prediksikan akan bergerak dengan kecenderungan untuk menguat terbatas dengan beberapa faktor penggerak seperti rilis neraca perdagangan yang surplus, kenaikan penjualan otomotif pada bulan lalu dan capital inflow yang terus masuk ke dalam bursa.