Uncategorized

Perbandingan kinerja tiga bank berkapitalisasi terbesar dan market update sore ini

Bank Mandiri baru saja merilis laporan keuangan kuartal pertama 2017 tadi pagi. Sejalan dengan dua bank berkapitalisasi besar sebelumnya yaitu BBCA dan BBRI, kinerja Bank Mandiri menunjukkan perbaikan setelah mencatatkan laba sebesar 4,1 triliun atau naik 6,9% year on year (yoy). Bila dibandingkan dengan dua bank sebelumnya, kenaikan laba Bank Mandiri masih kalah dari BCA yang mencatatkan kenaikan 10,7% yoy sedangkan BRI ada di posisi buncit setelah hanya memperoleh kenaikan laba sebanyak 6,5% yoy akibat perlambatan dari penyaluran KUR yang hanya 2,15 % dari sebelumnya di tahun 2016 yang mencapai 129,9%.

Peningkatan rasio NPL dan angka NIM

Keadaan ekonomi yang belum sepenuhnya pulih berakibat pada meningkatnya angka Non Performing Loan (NPL) pada kuartal pertama tahun ini. NPL merupakan indikator penting untuk menilai kualitas aset perbankan yang dapat memberikan informasi penilaian atas kondisi permodalan, risiko kredit, resiko pasar dan likuiditas. Sejauh ini bank Mandiri mencatatkan angka NPL yang paling besar yaitu 3,98% diikuti oleh Bank BRI dan BCA yang masing – masing sebesar 2,2% dan 1,5%. Nilai NPL yang tinggi apabila dibiarkan akan menyebabkan berkurangnya modal bank dan berdampak pada penyaluran kredit di periode berikutnya.

Kemudian ditinjau dari dari sisi Net Interest Margin (NIM), Bank BRI mencatatkan nilai NIM terbesar dengan nilai 8,08% disusul oleh BCA sebesar 6,30% dan terakhir Bank Mandiri di angka 5,90. Nilai NIM ini penting digunakan untuk mengevaluasi kemampuan manajemen bank dalam mengelola aktiva produktifnya untuk menghasilkan pendapatan bunga bersih. Semakin tinggi nilai NIM menunjukkan bahwa manajemen mampu secara efektif dalam mengelola aktivanya.

Pergerakan IHSG hari ini

IHSG hari ini mayoritas bergerak di zona positif dengan rentang pergerakan antara 5679,59 – 5726,53 dan ditutup dengan kenaikan sebesar 0,80% ke level 5726,53. Pergerakan IHSG sejalan dengan kenaikan di mayoritas bursa Asia yang dipengaruhi oleh sentimen postif dari Amerika dan Eropa serta laporan – laporan keuangan emiten yang menunjukkan perbaikan kinerja di kuartal I tahun 2017.

Sektor penggerak IHSG berasal dari Finance dan Trade yang masing masing naik sebesar 1,73% dan 1,61%. BMRI, BBRI dan BBNI menjadi tiga saham finance yang menjadi top buy asing pada hari ini. Total inflow asing di pasar reguler pada hari ini mencapai 1,85 miliar dan 1,89 miliar di keseluruhan pasar.

Bursa Asia

Dari regional Asia bursa saham Jepang masih melanjutkan rally kenaikan selama lima hari berturut – turut setelah pelemahan yen menguntungkan emiten – emiten eksportir sehingga indeks Nikkei bisa ditutup naik sebesar 1,04%. Hari ini nilai yen melemah sebanyak 0,32% melanjutkan pelemahan kemarin yang sebesar 1,04%. Sementara itu dari bursa Korea, indeks Kospi melanjutkan penguatanya sebesar 0,50% menuju level 2.200,73. Kemudian dari China dan Hong Kong, indeks Shanghai Composite dan Hangseng turut mengekor dengan kenaikan masing – masing sebesar 0,20% dan 0,38%.

Untuk pembukaan account Phillip Sekuritas dapat menghubungi Mz. Elise Telp: (021) 3005-2589, Mobile/WA/Telegram/SMS : 0812-8050-2276, Email: adminserpong@phillip.co.id