Uncategorized

Konflik semenanjung Korea kembali memanas, bagaimana respon bursa Asia dan Indonesia sore ini?

Kegelisahan akan kondisi geopolitik di smenanjung Korea kembali memanas. Pergerakan Amerika yang mengirimkan kapal selam USS Michigan untuk mendampingi kapal induk USS Carl Vinson yang telah dikirimkan sebelumnya mengundang kemarahan Korea Utara. Keadaan ini diperparah oleh rencana Amerika untuk mengaktifkan sistem pertahanan rudal THAAD ( Terminal High Altitude Area Defence) yang akan dilaksanakan dalam hitungan hari, meskipun ada penolakan dari publik. Menanggapi hal ini, Korea Utara mengeluarkan peringatan keras akan menenggelamkan kapal induk tersebut dan melancarkan serangan yang dahsyat terhadap tindakan Amerika yang disebutnya sebagai sebuah Agresi Militer.

Bursa Asia bergerak mixed

Dari Korea Selatan, rally kenaikan indeks Kospi selama enam hari berturut –turut berakhir setelah pada sore ini ditutup dengan pelemahan sebesar 0,18%. Pernyataan Trump yang mengenai adanya  kemungkinan konflik besar  dengan Korea Utara mendorong kekhawatiran investor sehingga melakukan aksi profit taking. Pelemahan bursa Korea diikuti oleh bursa Jepang dan Hong Kong dimana indeks Nikkei 225 dan Hangseng masing – masing mengalami pelemahan sebesar 0,29% dan 0,34%. Meskipun demikian, pelemahan di tiga negara tersebut tidak diikuti oleh bursa China yang pada hari ini mengalami kenaikan tipis sebesar 0,08% akibat laporan keuangan dikuartal pertama tahun ini yang cukup bervariasi.

IHSG bergerak melemah

IHSG hari ini bergerak mixed, sempat dibuka di area positif dan menyentuh level  tertinggi di 5724,51, indeks perlahan bergerak turun dan di tutup ke level 5685.30 atau melemah sebesar 0,38%. Tujuh dari Sembilan sector yang terdaftar di bursa efek Indonesia bergerak di zona merah dengan penekan terbesar pada sector Consumer dan Mining yang masing – masing turun sebesar 1.21% dan 1,13%. Asing masih bergerak masuk ke dalam bursa dengan mencatatkan net buy sebesar 422,6 miliar di pasar regular dan 418,15 miliar di keseluruhan pasar dengan pembelian terbesar pada saham TLKM, ASII, BBCA, BBNI dan JSMR.

Untuk pembukaan account Phillip Sekuritas dapat menghubungi Mz. Elise Telp: (021) 3005-2589, Mobile/WA/Telegram/SMS : 0812-8050-2276, Email: adminserpong@phillip.co.id