Market Updates

IHSG mengakhiri fase negatif, simak sektor – sektor penggeraknya

IHSG berhasil mengakhiri fase negatifnya selama empat hari perdagangan berturut – turut. Sempat bergerak melemah ke level 5643,05 indeks berangsur naik dan ditutup menguat 22,07 point atau 0,39 % ke level 5669,44.

Keputusan Fed disambut positif

Sektor finance menjadi pendorong bagi kenaikan IHSG dengan kenaikan sebesar 1,28%. Saham – saham perbankan berkapitalisasi besar seperti BBCA, BBRI, BMRI dan BBNI mencatakan penguatan dengan kenaikan paling besar pada bank BBRI dan BBNI yaitu 5,49% dan 3,52%. Ini mengindikasikan bahwa sektor keuangan menyambut baik keputusan Fed tadi malam yang mempertahankan tingkat suku bunga pada kisaran 0,75% – 1% sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran akan adanya capital outflow dari bursa.

Selain finance, lima sektor lain di bursa efek juga bergerak di zona hijau dan hanya sektor Agribisnis, Mining dan Aneka Industri yang mencatatkan penurunan. Sektor agribisnis dan Mining masih tertekan akibat harga komoditas seperti CPO, minyak dan batubara yang terus melemah. Sementara itu penurunan pada saham ASII dan KBLI menyeret sektor aneka industri ke zona merah.

Asing melanjutkan inflow

Asing masih mencatatkan net buy ke dalam bursa dengan jumlah cukup besar yaitu 800 miliar di pasar reguler dengan pembelian terbesar pada saham BBRI, TLKM, BBNI, BMRI dan BBCA. Ini menjadikan inflow asing sejak awal bulan sudah mencapai 2 triliun atau 23,5% dari inflow di bulan April lalu.

Bursa Asia bergerak Mixed

Bursa saham Korea ditutup menguat pasca libur. Indeks Kospi menguat sebesar 0,97% melanjutkan penguatan pada saat pembukaan tadi pagi sebesar 0,24% setelah pemerintah berhasil memotong surplus neraca transaksi berjalan menjadi US$ 5,07 miliar dari sebelumnya US$ 10,01 miliar. Sementara itu dari bursa Hong Kong, indeks Hang Seng ditutup melemah tipis 0,05% setelah bergerak flat sepanjang jam perdagangan. Kemudian, bursa Jepang dan China tidak beroperasi pada hari ini dikarenakan libur nasional.

Untuk pembukaan account Phillip Sekuritas dapat menghubungi Mz. Elise Telp: (021) 3005-2589, Mobile/WA/Telegram/SMS : 0812-8050-2276, Email: adminserpong@phillip.co.id