Market Updates

Menjelang pengumuman pertumbuhan ekonomi kuartal I, bagaimana prediksi IHSG hari ini?

IHSG hari ini kami prediksikan akan bergerak mixed dengan kecenderungan untuk menguat menunggu pengumuman pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I yang akan dirilis pada hari ini. Laju pertumbuhan ekonomi diperkirakan hanya berkisar 4,9% – 5% akibat konsumsi rumah tangga yang melambat pasca kenaikan tarif listrik 900 watt. Sebelumnya perlambatan ini sudah terindikasi dari volume impor yang turun 1,12% year on year dan juga penurunan indeks penjualan ritel sebesar 0,25%. 

Bursa Amerika flat, Bursa Eropa bullish

Bursa saham amerika bergerak datar pada perdagangan tadi malam. Indeks Dow Jones turun tipis 0,03% sedangkan S&P 500 dan Nasdaq bergerak naik masing – masing sebesar 0,06% dan 0,05%. Sentimen positif dari lolosnya RUU kesehatan yang diperjuangkan partai Republik menggantikan Obamacare tidak mampu mengangkat indeks dikarenakan penurunan saham – saham sektor energi seperti Exxon mobil dan Chevron.

Sementara itu dari bursa Eropa, mayoritas indeks bergerak menguat. Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Perancis masing – masing menguat tajam sebesar 0,96% dan 1,35% sedangkan indeks FTSE Inggris naik tipis sebesar 0,19%. Kenaikan ini didorong oleh saham – saham di bidang kesehatan dan perbankan yang mengalami kenaikan tajam menghapuskan kemerosotan di sektor energi dan pertambangan.

Harga nikel merosot tajam

Harga Nikel kembali turun tajam sebesar 2,6% pada perdagangan kemarin setelah sebelumnya juga turun mencapai 3,19%. Penurunan ini disebabkan oleh pemecatan menteri Regina Lopez yang sebelumnya memprakarsai penutupan sejumlah tambang nikel dalam negeri sehingga menimbulkan kekhawatiran akan kembali bertumbuhnya suplai Nikel dari Filipina. Saat menjabat sebagai Menteri, Regina Lopez telah menutup sebanyak 23 tambang dan melarang penambangan open pit untuk proyek tembaga, emas, perak dan logam lainya.

Harga minyak turun hampir 5%

Harga minyak turun sebesar 4,37% ke level US$ 45,54 per barel yang merupakan persentase kemerosotan terbesar sejak awal tahun. Penurunan ini disebabkan adanya indikasi bahwa OPEC dan sejumlah produsen minyak lainya tidak akan mengambil langkah lebih lanjut untuk megurangi pasokan minyak global di tengah pertumbuhan produksi minyak Amerika yang terus naik.

Untuk pembukaan account Phillip Sekuritas dapat menghubungi Mz. Elise Telp: (021) 3005-2589, Mobile/WA/Telegram/SMS : 0812-8050-2276, Email: adminserpong@phillip.co.id