Market Updates

Kemenangan Macron dan prediksi IHSG hari ini

Pemilu Perancis mencapai klimaksnya dengan kemenangan Emmanuel Macron sebagai presiden terpilih. Kementrian dalam negeri Perancis mengumumkan kemenangan Macron dengan presentase suara sebesar 65,52%. Kemenangan ini diyakini akan disambut positif oleh bursa mengingat Macron yang dikenal sebagai pro-bisnis dan pro Uni Eropa. Sebelumnya, pesaing Macron yaitu Marine Le Pen menegaskan apabila terpilih akan membawa Perancis keluar dari Uni Eropa.

Bursa Amerika dan Eropa kompak menguat

Bursa Amerika pada perdagangan Jumat pekan lalu ditutup menguat setelah rilis data ketenagakerjaan menunjukkan pertumbuhan yang positif. Indeks Dow Jones naik 0,26% kemudian S&P 500 dan Nasdaq juga masing – masing menguat sebesar 0,41% dan 0,42%. Total jumlah pekerjaan non-pertanian AS meningkat menjadi 211.000 ,yang mana lebih tinggi dari perkiraan analis di angka 190.000 dan tingkat pengangguran juga sedikit berubah menjadi lebih baik di angka 4,4%.

Sementara itu, menjelang pemilu Perancis putaran kedua, mayoritas bursa Eropa ditutup menguat. Indeks DAX Jerman naik sebesar 0,55% disusul oleh FTSE Inggris yang juga menguat sebesar 0,68% dan paling tinggi adalah indeks CAC Perancis yang naik hingga 1,12%. Hasil jajak pendapat pada Kamis pekan lalu menunjukkan potensi kemenangan Macron sebagai presiden Perancis selanjutnya.

Minyak mengalami teknikal rebound

Harga minyak menguat di akhir pekan setelah menyentuh level terendahnya di US$ 44,14 per barel dan ditutup menguat sebesar 1,49% ke level US$ 46,22 per barel. Namun penguatan minyak ini tidak didasari oleh fundamental ataupun berita positif sehingga masih rawan untuk kembali terkoreksi.

Harga CPO memperpanjang penguatanya

Harga CPO di bursa Malaysia pada pekan kemarin ditutup menguat sebesar 1,82% ke level 2580 ringgit per ton. Penguatan CPO didukung oleh dua faktor utama yaitu pelemahan mata uang Ringgit dan juga perkiraan meningkatnya permintaan menjelang bulan Ramadhan. Meskipun demikian, investor masih harus waspada mengingat proyeksi peningkatan produksi CPO sebesar 9,6% pada bulan ini akan mengimbangi naiknya permintaan, sehingga harga CPO tidak akan berubah signifikan.

IHSG berpotensi menguat

Pergerakan IHSG hari ini kami prediksikan akan menguat karena sentimen positif dari dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri, sentimen positif berasal dari data ekspor nonmigas yang menunjukkan peningkatan sebesar 19,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini mengindikasikan pulihnya pasar global dan akan mendorong produktivitas industri dalam negeri. Sementara itu, sentimen dari luar negeri berasal dari Amerika berupa positifnya bursa Amerika akibat rilis data ketenagakerjaan yang menunjukkan peningkatan lebih dari ekspektasi. Dan juga dari Eropa, pemilu yang digelar pada minggu kemarin yang dimenangkan oleh Emmanuel Macron akan memberikan dampak bagus bagi IHSG.

Untuk pembukaan account Phillip Sekuritas dapat menghubungi Mz. Elise Telp: (021) 3005-2589, Mobile/WA/Telegram/SMS : 0812-8050-2276, Email: adminserpong@phillip.co.id