Market Updates

Hampir semua sektor menghijau, IHSG menguat untuk pertama kalinya dalam sepekan ini

Dari sepuluh sektor yang terdaftar di bursa, hanya consumer yang mencatatkan pelemahan tipis 0,18% sehingga melancarkan usaha IHSG untuk rebound dari kejatuhanya seminggu ini. IHSG ditutup melonjak hingga 1,02% ke level 5900,85.  Sektor aneka industri dan finance memimpin penguatan indeks dengan kenaikan lebih dari dua persen, disusul oleh mining dan basic industry yang naik di kisaran 1,7%.

Volume transaksi besar

Meski mendekati akhir pekan yang biasanya sepi, volume transaksi di bursa justru mencapai 8,06 triliun. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh aksi windows dressing menjelang akhir bulan mengingat seminggu ini IHSG terus bergerak melemah.

Asing net sell jumbo di TLKM dan BBCA

Hari ini asing mencatatkan outflow sangat besar mencapai 1,13 triliun di keseluruhan pasar. Penjualan paling besar terjadi pada saham TLKM (-560 miliar), BBCA (-336 miliar), dan BMRI (-203 miliar). Dalam bulan ini saja secara total dana asing yang keluar dari bursa sudah mencapai 11,21 triliun.

Bursa Asia mayoritas hijau

Dari Jepang, indeks Nikkei 225 bergerak datar dan ditutup melemah tipis 0,03% setelah data inflasi yang baru saja dirilis masih di bawah ekspektasi pasar mengingat besarnya stimulus yang sudah dikeluarkan selama ini.

Berbanding terbalik dengan Jepang, indeks Kospi Korea naik hingga 0,90% yang mana memantapkan reboundnya kemarin. Sebelumnya selama tujuh hari berturut Kospi terus bergerak di zona merah terkait krisis dengan Korea Utara.

Sementara itu dari daratan China, Indeks Shanghai Composite dan Hang Seng Hong Kong, serentak bergerak naik dengan penguatan masing 0,28% dan 0,48%.



Image Source: Pinterest 

Author


Avatar