Morning Review

Menanti rilis data inflasi, IHSG masih berpotensi menguat

Aksi windows dressing pada Jumat lalu membuat indeks naik hingga lebih dari satu persen. Secara teknikal IHSG hari ini masih berpotensi melanjutkan penguatanya yang ditunjukkan oleh indikator stochastic yang membentuk golden cross dan RSI yang masih berada di zona netral. Sentimen positif dari naiknya bursa Amerika dan Eropa juga akan mendorong pergerakan indeks pada hari ini. Selain itu rilis data inflasi bulanan yang diprediksi membaik akan menjadi katalis bagi kenaikan indeks.

Bursa Amerika positif

Indeks Dow Jones masih sanggup mencatatkan kinerja positif dengan kenaikan 0,11% di tengah kegaduhan politik atas mundurnya menteri kesehatan Amerika pasca kontroversi penyewaan jet pribadi.

Bursa Eropa bullish

Hampir semua indeks pasar di negara – negara Eropa mencatatkan penguatan. DAX Jerman naik hingga 0,98% disusul FTSE Inggris dan CAC Perancis yang sama – sama naik 0,68%.

Harga minyak bergerak datar

Harga minyak mentah bergerak datar dan ditutup naik tipis 0,16% ke level USD 51,67 per barel setelah OPEC merasa level USD 50 – 55 dianggap sudah menjadi level yang aman.

Batubara melemah

Harga batubara melemah serentak di kedua bursa utama dunia dimana di bursa Newcastle harganya turun 0,74% sedangkan di Rotterdam melemah hingga 1,47%.

CPO masih merosot

Jumat lalu CPO masih bergerak turun 0,37% menjadi RM 2.695 per metrik ton. Tekanan harga CPO datang dari menurunya permintaan pasca sudah terpenuhinya kebutuhan CPO India menjelang festival Diwali. Harga minyak sawit juga terseret oleh harga minyak kedelai yang terus memburuk.


image source: factretriever.com

Author


Avatar