Market Updates

Alami koreksi sehat, IHSG tergelincir 0,83%

Setelah dengan perkasa menguat selama empat hari berturut – turut, IHSG akhirnya melemah karena aksi profit taking investor.  Dengan seluruh indeks sektoral ditutup negatif, indeks melorot 0,83% atau turun 49,57 point ke level 5901,91. Tiga sektor yang memimpin pelemahan IHSG sore ini adalah Trade & service (-1,42%), Consumer goods (-1,15%) dan Basic industry (-1,01%).

Asing net sell 444 miliar

Hari ini asing kembali mencatatkan outflow sebesar 444 miliar di keseluruhan pasar. Saham – saham yang mencatatkan top net sell adalah BBCA (-351 miliar), TLKM (-303 miliar), dan PGAS (-57 miliar). Adapun saham yang menjadi top net buy BBNI (88 miliar), PTBA (50 miliar) dan PTPP (31 miliar).

Penjualan besar pada saham TLKM dan BBCA mendominasi outflow asing pada awal bulan ini. Kedua saham ini telah mencatatkan net sell sebesar 967 miliar dan 780 miliar dalam empat hari terakhir.

Bursa Utama Asia mayoritas libur

Indeks MSCI Asia Pacific di luar Jepang cenderung datar karena volume perdagangan yang tipis disebabkan oleh tiga bursa utama libur. Hong Kong, Korea Selatan, serta China tidak membuka aktivitas perdagangan karena libur nasional.

Investor tampak bertindak hati-hati dengan mengambil isyarat dari data ekonomi AS yang kuat meskipun masih ada potensi belum pulihnya dampak badai yang melanda AS beberapa bulan lalu terhadap ekonomi.


image source: elelur.com

Author


Avatar