Morning Review

Pergerakan harga komoditas akan menopang pergerakan IHSG hari ini

Pergerakan IHSG hari ini kami prediksikan akan mixed dengan kecenderungan untuk koreksi sehat. Kenaikan selama empat hari berturut – turut telah membuat indeks memasuki zona overboughtnya, secara candle juga terbentuk bearish doji star yang menunjukkan bahwa pasar sedang dalam tekanan jual. Meskipun demikian, pergerakan harga komoditas yang positif serta sentimen dari menguatnya bursa Amerika akan menopang pergerakan indeks hari ini.

Bursa Amerika cetak rekor lagi

Sejumlah indeks saham Wall Street sukses memperbarui rekornya di hari ketiga berturut-turut dengan kisaran kenaikan 0,1%, ditopang data sektor jasa yang menambah tanda-tanda penguatan ekonomi serta prospek laba perusahaan pada kuartal ketiga.

Bursa Eropa melemah

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup turun 0,1% yang dibebani oleh penurunan indeks saham Spanyol, IBEX yang anjlok 2,9% akibat dampak dari krisis referendum di Catalonia.

Minyak lepas dari level USD 50 per barel

Harga minyak WTI turun 1,32% ke level USD 49,90 per barel yang merupakan level terendahnya dalam dua minggu ini sebagai akibat dari proyeksi menurunya permintaan selama musim gugur yang sebentar lagi tiba.

Batubara reli hari ketiga

Batubara masih bertahan naik di kedua bursa utama dunia. Di bursa Newcastle untuk kontrak pengiriman November harganya naik 1,71% sedangkan di Rotterdam naik 1,28%.

CPO rebound

Hampir terus melemah sepanjang pekan ini, kemarin CPO berhasil menguat 1,27% ke level 2717 ringgit per ton seiring dengan menguatnya harga minyak kedelai sebesar 1,47% yang mana merupakan komoditas substitusinya.


image source: open.edu.com

Author


Avatar