Morning Review

Berpeluang Mengalami Teknikal Rebound, berikut proyeksi IHSG hari ini

IHSG pada penutupan Jumat lalu menunjukkan tanda – tanda mulai munculnya tekanan beli di garis tengah Bollinger Band meskipun Stochastic dan RSI sudah keluar dari zona overbought. Support terdekat IHSG ada di 5885. Meskipun demikian perlu diwaspadai sentimen negatif dari turunya bursa Amerika, Eropa dan harga beberapa komoditas seperti minyak dan batubara yang berpotensi menekan indeks lebih turun ke dalam.

Wall Street hentikan rally

Data tenaga kerja yang menunjukkan kontraksi untuk pertama kali dalam tujuh tahun menghentikan rally sejumlah indeks utama Wall Street.  Angka tenaga kerja Amerika  turun sebanyak 33ribu pada September lalu yang mana lebih tinggi daripada penurunan 25ribu seperti yang diprediksikan sebelumnya.

Bursa Eropa mayoritas melemah

Mengekor merahnya bursa Wall Street dan belum redanya krisis politik di Catalonia membuat sejumlah indeks negara Eropa memerah. Indeks DAX Jerman, CAC  Perancis dan IBEX Spanyol memerah namun FTSE masih mampu menguat tipis 0,2%.

Minyak kembali melemah

Sempat di atas USD 50 per barel, harga minyak harus kembali terkoreksi 2,88% ke level USD USD 49,29 per barel menyusul klarifikasi Rusia yang menyatakan bahwa mereka tidak mengusulkan untuk memperpanjang kesepakatan pemotongan produksi minyak global.

Batubara serempak turun

Harga batubara anjlok di kedua bursa utama dunia. Di bursa Rotterdam, batubara melemah 1,71% dan di Newcastle, harganya terkoreksi 1,71%.

CPO rebound

Harga CPO rebound 0,55% ke level 2732 ringgit per ton menyusul proyeksi naiknya permintaan dari India yang disebut-sebut sedang mengalami pertumbuhan ekonomi pesat seiring gelombang urbanisasi besar di kota-kota besarnya.


image source: money.howstuffworks.com

Author


Avatar