Morning Review

Minyak, logam dan batubara bersinar, IHSG berpotensi menguat terbatas

Pergerakan IHSG hari ini akan tertopang oleh kenaikan harga beberapa komoditas seperti minyak, batubara, logam dan CPO. Secara teknikal indeks sudah keluar dari zona overbought dan berada di zona netral, dengan support pada garis middle bollinger band di kisaran 5892. Meskipun demikian, perlu diwaspadai sentimen dari menurunya bursa Amerika selama dua hari berturut – turut dan indeks regional Asia yang pagi ini bergerak mixed.

Bursa Amerika melemah

Bursa Wall Street ditutup melemah setelah kenaikan saham – saham teknologi gagal mengimbangi penurunan saham General Electric dan sektor kesehatan. Indeks Dow Jones, Nasdaq dan S&P melemah di kisaran 0,1%.

Bursa Eropa bullish

Bursa Eropa bergerak naik setelah investor mulai mengabaikan kekacauan politik di Catalonia dan fokus pada laporan keuangan kuartal ketiga yang akan dirilis. Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,74 poin atau 0,19% ke level 390,21.

Minyak menguat

Minyak WTI mengalami teknikal rebound dan kembali mendekati level US$50 per barel di tengah ketidakpastian OPEC pada kemungkinan perpanjangan kesepakatan pembatasan pasokan global hingga tahun depan.

Batubara naik

Harga batubara untuk kontrak November di kedua bursa utama dunia serempak bergerak naik. Di bursa Newcastle, harganya naik 0,10% dan di Rotterdam naik hingga 0,34%.

Nickel melonjak tajam, Emas dan Timah moderat

Harga nickel melonjak hingga 3,90% sedangkan Timah dan Emas masing – masing menguat 1,15% dan 0,90%. Permintaan logam dari India yang menunjukkan trend peningkatan menjadi sentimen positif bagi penguatan harga logam.

CPO naik tipis

Harga CPO naik 0,11% ke level 2735 ringgit per ton menyusul penguatan harga minyak kedelai yang merupakan komoditas substitusinya.

 

Image source: anangtawiah.com

Author


Avatar