Morning Review

Bursa Amerika dan Regional Asia menguat, berikut proyeksi IHSG hari ini

Berkutat di garis tengah bollinger band, pergerakan IHSG hari ini kami proyeksikan masih akan sideways dengan kecenderungan menguat, ditopang oleh sentimen positif dari bursa Amerika dan regional Asia pagi ini yang mayoritas menguat.  Secara teknikal, RSI sudah keluar dari zona overbought sedangkan Stochastic mengindikasikan pola golden cross di area netral. Meskipun demikian, pelemahan komoditas seperti batubara dan CPO akan membebani kinerja indeks hari ini.

Dow Jones Perbarui Rekor

Indeks Dow Jones kembali mencetak rekor tertinggi baru didorong oleh lonjakan saham Wal-Mart, dan optimisme investor pada laporan kinerja emiten kuartal ketiga. S&P 500 dan Nasdaq juga naik masing – masing 0,23% dan 0,11%.

Bursa Eropa melemah tipis

Indeks Stoxx Europe ditutup melemah 0,05 poin atau 0,01% karena investor mengantisipasi deklarasi kemerdekaan sepihak di parlemen Catalonia, yang diperkirakan menyebabkan kekacauan di pasar Spanyol dan lainnya.

Minyak melonjak tajam

Harga minyak WTI melonjak tajam hingga 2,78% menyusul sinyal bahwa OPEC dapat memperpanjang atau memperdalam pemotongan pasokan, sedangkan Arab Saudi berencana mengurangi ekspor minyak bulan depan.

Batubara melemah

Batubara di kedua bursa utama dunia serempak bergerak melemah. Di Rotterdam harga batubara melemah 0,84% dan di Newcastle turun lebih dalam di kisaran 1,5%.

CPO anjlok

Terseret penurunan harga minyak kedelai, harga CPO merosot hingga 1,46% atau 40 ringgit ke level 2695 ringgit per ton.


image source: blog.ebiquity.com

Author


Avatar