Market Updates

Inflow asing pertama di bulan ini, IHSG berhasil rebound 0,74%

Hampir selalu mencatatkan outflow sejak bulan lalu, hari ini asing berbalik masuk ke dalam bursa dengan net buy mencapai 387,89 miliar di keseluruhan pasar. Transaksi di bursa pun lebih ramai dari biasanya dengan total value hingga 9,28 triliun. Sebagai hasilnya, IHSG ditutup melonjak 0,74% ke level 5926,20 dengan hampir semua sektor menguat.

Menyambut laporan keuangan

Pasar bergairah menyambut rilis laporan keuangan emiten – emiten di kuartal ketiga tahun ini. Umumnya sektor perbankan akan merilis lebih dahulu laporanya disusul emiten – emiten dari sektor lain. Siang tadi BBNI merilis laporan keuangan dengan hasil cukup bagus dimana NPL turun 0,38% meskipun kredit tumbuh hingga 13,3%.

Hanya dua sektor melemah

Dari sepuluh sektor yang terdaftar di BEI, hanya Consumer goods dan Construction yang bergerak melemah, sisanya mencatatkan kinerja positif dengan pendorong utama pada sektor Aneka industri (+2,12%), Basic industry (+1,53%) dan Infrastructure (+1,46%).

Bursa Asia mayoritas menguat

Bursa saham Jepang ditutup menguat dimana indeks Topix dan Nikkei 225 ditutup naik 0,20% dan 0,35%. Penguatan indeks didukung oleh melonjaknya saham Sofbank group, Tokyo Electron dan Chugai Pharmaceutical.

Dari China, Indeks Shanghai Composite ditutup melemah tipis 0,06% setelah melemahnya emiten sumber daya pasca pemerintah Beijing berjanji untuk mengurangi polusi sepanjang musim dingin.

Berkebalikan dari China, bursa Hong Kong justru menguat 0,26% karena kenaikan saham – saham lapis dua mampu mengimbangi penurunan saham blue chip.

Kemudian dari Korea, indeks Kospi berhasi memperbarui rekor tertingginya dengan penguatan sebesar 0,68% didukung oleh kinerja dari saham – saham di perbankan dan asuransi.


Image source: blox.rmi.org

Author


Avatar