Market Updates

Asing berbalik net sell, IHSG ditutup turun tipis 0,04%

Bergerak mantap di awal perdagangan hingga ke level 5947, IHSG terpaksa ditutup turun setelah arus dana asing berbalik keluar menjelang penutupan bursa. Padahal hingga pukul 14.30 WIB, asing masih sempat mencatatkan net buy sebesar 11 miliar.

TLKM, BBRI dan GGRM menjadi tiga saham yang paling banyak dijual dengan total ketiganya mencapai -431,10 miliar. Namun pembelian pada saham ASII, PGAS dan BMRI membuat total net sell asing di keseluruhan pasar hanya senilai -194,87 miliar.

Enam sektor melemah

Dari sepuluh sektor yang terdaftar di BEI, enam sektor melemah dengan penekan utama pada Agriculture (-0,66%), Mining (-0,61%) dan Infrastructure (-0,35%). Adapun sektor – sektor yang bergerak menguat di antaranya manufacture (0,47%) dan basic industry (0,41%).

Bursa Asia mayoritas menguat

Dari bursa Korea, indeks Kospi tergelincir dari rekor tertingginya setelah sore ini ditutup melemah tipis 0,05% tertekan oleh sektor perbankan dan otomotif.

Berkebalikan dengan Korea, Indeks Nikkei 225 Jepang melonjak naik 0,96% setelah pasar optimis menjelang musim laporan keuangan kuartal ketiga tahun ini.

Dari China, Indeks Shanghai Composite menguat 0,13% ditopang oleh pemotongan suku bunga acuan yang ditargetkan oleh bank sentral. Volume perdagangan yang tipis membuat indeks China bergerak lesu.

Sejalan dengan bursa China, indeks Hang Seng Hong Kong turut menguat 0,1% setelah investor bersiap menjelang Kongres Partai Komunis China yang menetapkan prioritas kebijakan utama untuk lima tahun ke depan


Image source: dplindbenchmark.com

Author


Avatar