Market Updates

Penuh sentimen positif, IHSG cerah di pembukaan pekan ini

IHSG hari ini berakhir di zona hijau dengan penguatan sebesar 0,43% ke level 5949,70 dengan hampir keseluruhan sektor mengalami penguatan, hanya mining dan miscellaneous industry yang ditutup melemah. Penguatan indeks ditopang oleh sentimen positif dari dalam negeri berupa surplus neraca perdagangan dan dari luar negeri yaitu proyeksi pertumbuhan ekonomi Amerika pasca rilis data inflasi serta bursa regional Asia yang masyoritas menghijau.

Neraca September surplus US$ 1,76 miliar

BPS siang tadi melaporkan neraca perdagangan Indonesia pada September 2017 surplus sebesar US$ 1,76 miliar. Sedangkan secara kumulatif sepanjang Januari-September 2017 mencetak surplus US$ 10,87 miliar, ‎meningkat 69,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Nilai ekspor tercatat sebesar US$ 14,54 miliar sedangkan impor sebesar US$ 12,78 miliar.

Asing catatkan net buy di pasar reguler

Secara total net sell asing hari ini sebesar 499 miliar, disumbang penjualan saham MEDC di pasar nego sebesar 547 miliar. Meskipun demikian di pasar reguler, asing justru mencatatkan inflow sebesar 158 miliar yang didominasi oleh pembelian saham BMRI, WSKT, BBRI dan UNTR.

Bursa Asia mayoritas menghijau

Penguatan pasar Asia mengekor bursa Amerika Serikat yang ditutup menguat pada Jumat lalu. Wall Street didukung rilis kinerja keuangan perusahaan yang solid dan perkembangan data inflasi yang lebih baik dari perkiraan.

Dari Korea, indeks Kospi Korea berakhir rebound dan ditutup naik 0,26% menyusul menguatnya kinerja mata uang won.

Sejalan dengan bursa Korea, Indeks Nikkei Jepang melanjutkan rally-nya dengan kenaikan sebesar 0,47% didukung menguatnya saham – saham perbankan.

Dari China, indeks Shanghai composite justru melemah karena menurunya saham – saham sektor teknologi menyusul proyeksi laba kuartal ketiga yang mengecewakan.


Image source: rsvpmagazine.ie

Author


Avatar