Market Updates

Membebani Indeks, TLKM jatuh disertai net sell asing hingga hampir 1 triliun

Sempat menguat hingga 5961, IHSG bergerak turun seiring dengan jatuhnya saham TLKM akibat terkena kasus hukum yang menyebabkan potensi kerugian bagi perseroan hingga 16 triliun. Asing pun terpantau melakukan net sell yang luar biasa di saham TLKM hingga mencapai 966,70 miliar untuk hari ini saja. Meski demikian, rebound TLKM menjelang sesi penutupan membuat indeks ditutup hanya turun tipis 0,04% menuju level  5947,33.

Hampir semua sektor melemah

Dari sepuluh sektor yang menopang bursa, hanya ada tiga yang bergerak menguat yaitu mining, consumer goods dan manufacture. Sisanya bergerak di zona merah dengan penekan utama pada sektor aneka industri dan trade.

Net sell asing 966 miliar

Secara total net sell asing hari ini mencapai 966,20 miliar dengan penjualan besar di saham TLKM, disusul BBCA dan ASII. Sejak awal bulan ini, TLKM dan BBCA mendominasi outflow asing dari bursa dengan net sell mencapai 4,15 triliun dan 1,57 triliun. Meski demikian, BEI menilai, tren aksi jual asing di bursa saham ini berkaitan dengan implementasi tax amnesty pada proses balik nama yang selambat-lambatnya 31 Desember 2017 sehingga tidak begitu berpengaruh bagi pasar.

Mayoritas bursa Asia menghijau

Dari Korea, Indeks Kospi memperpanjang penguatanya dengan penguatan sebesar 0,17% seiring dengan laporan bahwa pemerintah negeri ginseng tersebut akan mendorong ekonomi sosial.

Sejalan dengan bursa Korea, indeks Nikkei Jepang naik hingga 0,24% ditopang oleh pelemahan nilai tukar yen terhadap dolar AS yang berpotensi meningkatkan laba emiten-emiten eksportir.

Dari Hongkong, indeks Hang Seng juga turut menguat 0,08% mengikuti regional Asia yang menghijau.

Lain halnya dengan China, indeks Shanghai Composite justru melemah 0,19% karena investor tidak percaya dengan proyeksi Bank of China yang mengatakan bahwa ekonomi akan tumbuh hingga tujuh persen.

 

Image source: 1.bp.blogspot.com

Author


Avatar