Market Updates

Alami koreksi sehat, IHSG ditutup melemah 0,3%

IHSG hari ini mengalami koreksi sehat setelah kemarin menyentuh garis upper bollinger band. Dengan hanya tiga sektor yang menguat, indeks dipaksa turun 0,3% atau 18 poin ke level 5929,20. Penekan utama indeks ada pada sektor aneka industri dan infrastructure yang didominasi oleh penurunan pada saham ASII dan TLKM. Volume transaksi yang terjadi di bursa cukup ramai mencapai 8,77 Triliun di keseluruhan pasar.

Asing kembali net sell jumbo

Penjualan di saham TLKM lagi-lagi mendominasi net sell asing hari ini yang secara total telah mencapai 1,16 triliun. Dalam pekan ini saja,net sell asing telah mencapai 2,5 triliun di keseluruhan pasar. Saham – saham yang mencatatkan top net sell di antaranya TLKM (-1,02 triliun), BBCA (-290 Miliar), dan TPIA (-204 miliar).

Bursa Asia datar

Sejumlah indeks acuan di bursa utama Asia bergerak mendatar dimana investor mengambil sikap  hati-hati menjelang penyampaian pidato oleh Presiden China, Xi Jinping dalam kongres Partai Komunis.

Hal – hal penting yang menjadi perhatian pasar Asia dalam kongres yang berlangsung selama sepekan ini akan lebih tertuju pada pernyataan mengenai pengurangan utang, pengurangan kapasitas, serta rencana infrastruktur global negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Sebagai hasilnya bursa regional cukup mixed dengan pergerakan tipis dimana Nikkei 225, Jepang naik 0,17%, Hang Seng, Hong Kong melemah 0,07%, Kospi Korea turun 0,06% dan Shanghai China naik 0,29%.


Image source: kapustafinancial.com

Author


Avatar