Morning Review

Sentimen positif dari bursa luar negeri, berikut proyeksi IHSG hari ini

Pergerakan IHSG hari ini masih akan mixed dengan kecenderungan untuk tertekan setelah kemarin indeks gagal menembus garis bollinger band dan mayoritas bergerak di zona merah. Secara teknikal, RSI dan Stochastic juga sudah mendekati area overbought yang menandakan potensi penguatan akan terbatas. Meskipun demikian, bursa Amerika yang terus mencetak rekor dan regional Asia yang bergerak menguat pagi ini serta optimisme investor menyusul laporan keuangan kuartal III akan menjadi sentimen positif bagi IHSG untuk melaju ke atas.

Bursa Amerika terus menghijau

Indeks Dow Jones berhasil mencetak rekor barunya dan bahkan sempat menembus level 23.000 untuk pertama kalinya, didorong kuatnya laporan laba UnitedHealth dan Johnson & Johnson. Adapun indeks S&P dan Nasdaq menguat tipis 0,07% dan 0,01%.

Bursa Eropa tergelincir

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup turun 0,3%, terbebani oleh pelemahan pada saham komoditas yang tidak mampu diimbangi oleh penguatan yang dipicu laporan kinerja sejumlah perusahaan.

Harga minyak menguat

Harga minyak mentah WTI lanjut menguat tipis 0,04% menyusul rilis data dari American Petroleum Institute (API) yang menunjukkan stok minyak mentah turun sebesar 7,13 juta barel pekan lalu, sementara persediaan bensin dan minyak sulingan meningkat.

Batubara masih menguat

Sentimen dari permintaan China dan pergerakan harga minyak yang menguat mendorong harga batubara terus naik. Di bursa Rotterdam, harga batubara kontrak November naik 0,86% ke level USD 92,50.

CPO

Harga minyak sawit mengakhiri rally penguatanya seiring dengan kekhawatiran akan menurunya permintaan pasca selesainya festival Diwali. Di bursa Malaysia, harga CPO turun 0,76% ke level 2741 ringit per ton


image source: http://news.err.ee

Author


Avatar