Market Updates

Kenaikan besar di sektor mining tidak mampu menahan IHSG dari kejatuhanya

Kenaikan harga minyak dan batubara mendorong sektor mining menguat hingga 2,10% didominasi oleh naiknya saham – saham emiten batubara. Meski demikian, hal tersebut tidak mampu menahan kejatuhan IHSG yang pada hari ini ditutup melemah 0,31% di level 5910.53. Enam dari sepuluh sektor bergerak melemah dengan penekan terbesar pada sektor aneka industri (-1,34%) dan consumer goods (-1,26%).

Asing hengkang 462,86 miliar

Sempat mencatatkan net buy di pasar reguler, Asing berbalik melakukan penjualan menjelang penutupan pasar sehingga tottal outflow dari bursa hari ini mencapai 462,86 triliun di keseluruhan pasar. Penjualan bersih terbesar masih pada saham TLKM, ASII dan BBCA ditambah MDLN yang dilakukan di pasar negoisasi.

Asing masuk besar di BBRI

Hari ini BBRI menjadi top net foreign buy dengan nilai sebesar 204 miliar yang mana mengalahkan BMRI yang hanya mencatatkan inflow sebesar 76 miliar. Untuk diketahui, selama sepekan ini BMRI terus dikumpulkan oleh asing dengan total kumulatif sebesar 858 miliar sejak hari Senin (16/10).

Bursa Asia mayoritas memerah

Dari Korea, indeks Kospi bergerak turun selama dua hari ini dengan pelemahan sebesar 0,40% tertekan oleh penurunan saham – saham di sektor consumer.

Berkebalikan dengan Korea, Indeks Nikkei Jepang bergerak menguat 0,41% karena terbawa sentimen dari menguatnya pasar saham Amerika yang berpotensi melemahkan mata uang yen.

Sementara itu dari China, rilis data pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan perlambatan pada kuartal ketiga yang turun 0,1% membuat indeks Shanghai Composite ditutup melemah 0,34%.

Kekecewaan dari data pertumbuhan ekonomi China yang lebih rendah dari perkiraan juga membuat indeks  Hang Seng, Hong Kong ditutup memerah 1,87% yang sebagian besar disumbang oleh penurunan saham blue chip yang listing di Hong Kong.

 

Image source: media.coindesk.com

Author


Avatar