Market Updates

Asing catatkan net buy 660 Miliar, IHSG ditutup menguat 0,32%

IHSG hari ini bergerak mantap dan sempat menyentuh level 5959,58 (+0,83%) didukung oleh inflow dana asing yang sempat menyentuh level 770 miliar. Namun menjelang penutupan pasar, aksi profit taking di beberapa saham membuat indeks hanya ditutup naik 0,32% di level 5929,55.

Delapan sektor menguat

Dari sepuluh sektor yang terdaftar di bursa, hanya dua sektor yang melemah yaitu agriculture dan trade. Delapan lainya bergerak menguat dengan pendorong terbesar pada sektor construction, miscellaneous industry dan infrastructure.

Asing catatkan net buy kedua di bulan ini

Penjualan yang mulai mereda di saham BBCA dan ASII serta pembelian di pasar nego pada saham MEDC membuat hari ini asing mencatatkan net buy sebesar 626 miliar di keseluruhan pasar dengan pembelian terbesar pada saham MEDC, BBRI, BBNI dan BBCA.

Bursa Asia mayoritas menghijau

Dari Jepang, indeks Nikkei 225 berakhir naik tipis 0,04% setelah nilai tukar yen melemah hingga 0,59% memberi sentimen positif bagi pergerakan market.

Sejalan dengan bursa Jepang, indeks Kospi Korea menguat 0,67% didorong penguatan pada sektor keuangan dan asuransi.

Indeks Shanghai Composite, China alami teknikal rebound dengan kenaikan sebesar 0,25% setelah kemarin bergerak melemah akibat perlambatan ekonomi di kuartal ketiga.

Sejalan dengan bursa China, indeks Hang Seng Hong Kong turut menguat 1,22% ditunjang saham – saham properti yang sebelumnya bergerak melemah.


Image source: videoblocks.com

 

Author


Avatar