Morning Review

BI tahan suku bunga acuan sesuai dengan ekspektasi pasar, sanggupkah IHSG rebound hari ini?

Pergerakan IHSG masih akan dalam fase tekanan dimana selama tiga hari berturut – turut ini selalu mengalami penurunan. Meski demikian, potensi penurunan IHSG tertahan di support middle bollinger band di kisaran 5905. Sentimen positif dari dalam negeri datang dari Rapat Dewan Gubernur  BI yang kemarin memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan (BI 7-Day Reverse Repo Rate) di level 4,25% setelah melakukan pemangkasan di Agustus dan September.

Hal ini sesuai dengan saran Moody’s yang dalam keterangan resminya menyebut BI perlu menghentikan aktivitas pelonggaran moneternya, pasca memangkas bunga acuan pada Agustus dan September sebagai aksi antisipasi menyusul kebijakan The Fed yang lebih hawkish.

Dow Jones cetak rekor lagi

Indeks Dow Jones lagi-lagi berhasil memperbarui rekornya pada penutupan kemarin, bersama dengan indeks S&P 500 dengan kenaikan tipis di kisaran 0,02%. Kabar bahwa Powell sebagai kandidat kuat gubernur the FED yang baru, sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan investor.

Bursa Eropa merah

Bursa Eropa bergerak turun cukup dalam setelah investor mencermati deadline kedua terkait aksi referendum Spanyol. Indeks Euro Stoxx 50 melemah hingga 0,55% dengan IBEX Spanyol yang tergelincir hingga 0,74%.

Minyak melemah

Harga minyak berakhir melemah 0,64% setelah data Energy Information Administration (EIA) menunjukkan jumlah persediaan bensin bertambah sebesar 908.000 barel pekan lalu, sedangkan stok minyak sulingan bertambah 528.000 barel menjadi 134,5 juta barel.

Batubara hentikan rally

Rally batubara terhenti dimana untuk kontrak Januari 2018 di di bursa Rotterdam, ditutup melemah 1,95% atau 1,80 poin di US$90,55/metrik ton menyusul data data dari Biro Statistik China yang menyebutkan output batu bara pada bulan September meningkat 7,6%.

CPO melemah

Harga CPO mengalami koreksi 0,69% setelah kekhawatiran investor mengenai musim permintaan CPO yang akan segera berakhir.

 

Image source: http://annualreport.id

Author


Avatar