Market Updates

Dana asing terus masuk, IHSG melaju 0,35% di awal pekan ini

Pergerakan IHSG hari ini berjalan dengan mantap sejak pembukaan di sesi satu. Arus dana asing yang terus masuk pada sektor perbankan menunjang penguatan indeks. IHSG pun naik hingga tertinggi di level 5965,99 dan ditutup naik 0,35% di level 5950,03. Secara total net buy asing sebesar 374,93 miliar dengan pembelian terbesar pada saham BBRI dan BBCA yang keduanya saja sudah mencapai 279 miliar. Adapun beberapa saham yang menjadi top net sell di antaranya adalah UNTR, UNVR dan MMLP.

Hanya dua sektor melemah

Delapan dari sepuluh sektor di bursa Efek bergerak menghijau dengan pendorong terbesar pada sektor mining (+1,64%) dan basic industry (0,81%). Adapun dua sektor yang melemah adalah agriculture dan infrastructur yang turun tipis di kisaran 0,1%.

Shinzo Abe menang pemilu, bursa Asia menghijau

Dari Jepang, indeks Nikkei 225 ditutup menguat 1,11% didorong oleh kemenangan koalisi pimpinan Perdana Menteri Shinzo Abe dalam pemilihan umum hari Minggu lalu. Kemenangan Abe ini menandakan kemungkinan berlanjutkan kebijakan pengeluaran fiskal dan pelonggaran moneternya.

Sejalan dengan bursa Jepang, indeks Kospi Korea menguat tipis 0,02% didorong oleh penguatan pada saham perbankan dan farmasi.

Indeks Shanghai Composite, China ditutup menguat tipis 0,06% di tengah sepinya volume perdagangan karena investor menantikan isyarat kebijakan dari kongres Partai Komunis.

Sementara itu, indeks Hang Seng Hong Kong justru bergerak berlawanan arah dengan pelemahan hingga 0,60% setelah kenaikan pada saham – saham mining tidak mampu mengimbangi penurunan di sektor finansial dan otomotif.


Image source: palmabella.com

Author


Avatar