Market Updates

Sektor finansial menjadi penekan terbesar, IHSG menguat tipis 0,03%

Pergerakan IHSG hari ini mayoritas berada di zona hijau dengan rentang antara 5949 – 5974 dan ditutup di level 5952,08 atau naik 0,03%. Inflow asing yang tidak berlanjut dan aksi profit taking pada saham – saham perbankan membuat indeks bergerak melemah menjelang penutupan perdagangan. Meski tujuh dari sepuluh sektor bergerak menguat, namun pelemahan pada sektor finance (-0,92%) yang memiliki kapitalisasi terbesar menjadi penekan utama IHSG. Adapun sektor –sektor yang mencatatkan kenaikan terbesar adalah mining (+2,94%), aneka industri (+1,29%) dan trade (+1,29%).

Asing net sell cukup kecil

Setelah beberapa hari terakhir terus mencatatkan net buy, hari ini asing terpantau keluar dari bursa dengan net sell sebesar 76,16 miliar di keseluruhan pasar. UNTR, MIKA, BBRI dan GGRM menjadi saham – saham yang paling banyak dijual. Adapun saham yang menjadi top net buy asing hari ini adalah JSMR, BUMI, BBNI dan PGAS.

Bursa Asia mayoritas menguat

Dari Korea, indeks Kospi ditutup menguat 0,12% yang mana merupakan kenaiakanya selama tiga hari berturut – turut ditenagai oleh sektor perbankan dan otomotif.

Sejalan dengan Kospi, indeks Nikkei Jepang turut naik 0,5% karena optimisme investor akan laporan keuangan kuartal ketiga mendorong aksi beli di sektor finansial dan telekomunikasi.

Sementara itu dari China, indeks Shanghai Composite ditutup menguat 0,22% setelah investor cukup nyaman dengan kebijakan – kebijakan ekonomi yang tertuang dalam kongres partai Komunis baru – baru ini.

Di sisi lain, indeks Hang Seng Hong Kong justru melemah di hari kedua berturut – turut dengan penurunan sebesar 0,53% ditekan oleh kinerja yang kurang bagus dari saham – saham property dan commerce industry.

 

Image source: blog.ipleaders.in

Author


Avatar