Market Updates

Sektor konstruksi cerah, IHSG tembus level psikologis 6000

Sektor konstruksi menjadi penggerak pasar pada perdagangan hari ini dengan penguatan sebesar 2,11%. Sentimen positif dari disetujuinya RAPBN 2018 oleh DPR yang salah satunya berisikan anggaran infrastruktur Kementrian PUPR yang mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp475 miliar sehingga pagu anggaran belanja infrastruktur menjadi Rp107,3 triliun dari sebelumnya Rp106,9 triliun. Dengan disetujuinya pagu anggaran tersebut, Kementerian PUPR dapat memulai pelelangan dini secara serentak untuk percepatan pelaksanaan kegiatan tahun 2018.

Hanya satu sektor melemah, IHSG cetak rekor tertinggi

IHSG hari ini ditutup di level tertinggi baru sekaligus menembus resisten psikologis di angka 6000. Indeks naik 1,23% di level 6025,43. Sembilan dari sepuluh sektor bergerak menghijau dengan rata – rata kenaikan di atas satu persen. Hanya sektor infrastructur yang melemah sebesar 1,13% akibat kinerja saham TLKM yang merosot tajam hingga -3,31%.

Asing net buy 130 miliar

Kenaikan IHSG turut didukung oleh meredanya aksi jual asing yang justru mencatatkan inflow sebesar 130,39 miliar di keseluruhan pasar. Penjualan besar – besaran di saham TLKM (-727 miliar) mampu diimbangi oleh catatan net buy di saham BMRI (+434 Miliar) dan UNTR (+200) Miliar.

Bursa Asia mixed

Dari Jepang, indeks Nikkei 225 melemah untuk pertama kalinya setelah mencatat rekor reli penguatan 16 hari dengan penurunan sebesar 0,31% tertekan pelemahan di sektor telekomunikasi dan farmasi.

Sementara itu dari Korea, indeks Kospi memperpanjang penguatan selama empat hari berturut dengan kenaikan sebesar 0,22% didorong oleh saham – saham perbankan dan otomotif.

Dari China, indeks Shanghai Composite ditutup menguat 0,26% setelah pasar merespon cukup baik pengumuman jajaran kepemimpinan baru Partai Komunis China dan berharap presiden Xi Jin Ping mampu membuat kebijakan yang mengurangi resiko keuangan.

Kenaikan bursa China, memberi angin segar bagi indeks Hang Seng yang turut naik hingga 0,53% karena naiknya saham – saham China yang listing di bursa Hong Kong.

 

Image source: innovateli.com

Author


Avatar