Market Updates

Aksi profit taking pasca mencetak rekor tertinggi, IHSG alami koreksi sehat

Pergerakan IHSG hari ini mixed dengan mayoritas berada di zona merah dan ditutup turun 0,49% ke level 5995,85. Tujuh dari sepuluh sektor bergerak melemah ketika investor mulai melakukan aksi profit taking. Penekan terbesar indeks ada pada sektor mining, trade & service serta miscellaneous industry dengan pelemahan di atas satu persen. Adapun sektor – sektor yang masih mencatatkan kenaikan adalah infrastructure, basic industry dan agri.

Meski rebound, net sell asing terus berlanjut di TLKM

Laporan keuangan TLKM yang menunjukkan peningkatan laba hingga 21% tidak menyurutkan asing untuk melakukan outflow di saham ini. Secara total hingga penutupan sesi kedua, net sell asing mencapai total 262,45 miliar di keseluruhan pasar. Saham – saham yang paling banyak dijual asing adalah TLKM (-490 miliar), BBCA (-55 miliar), dan ASII (-52 miliar). Adapun saham yang menjadi top net buy di antaranya adalah BMRI (166 miliar), BBRI (69 miliar) dan BBNI (58 miliar).

Bursa Asia mixed

Dari Jepang, indeks Nikkei ditutup naik 0,15% setelah dampak pelemahan mata uang yen mampu diimbangi oleh sentimen dari laporan keuangan emiten yang positif.

Bertolak belakang dari bursa Jepang, Indeks Kospi Korea justru tergelincir dan mengahiri rally tiga harinya dengan penurunan sebesar 0,48% karena imbas anjloknya saham – saham farmasi dan otomotif.

Dari Hong Kong, indeks Hang Seng melemah 0,36% setelah saham – saham di sektor finance dan industry melemah cukup dalam.

Sementara itu, indeks Shanghai Composite China dan STI Singapura hingga penutupan terpantau menguat masing – masing 0,31% dan 0,37%.

 

Image source: visa.ca

Author


Avatar