Morning Review

Sentimen positif dari bursa Eropa dan Amerika, berikut proyeksi IHSG di akhir pekan ini.

Pergerakan IHSG hari ini mendapat sentimen positif dari bursa Eropa dan Amerika yang melonjak tajam serta bursa Asia yang mayoritas dibuka di zona hijau. Pergerakan positif dari harga minyak bumi dan CPO juga akan memberikan pengaruh bagi emiten yang bersangkutan.

Meski demikian, secara teknikal indeks cenderung akan mengalami tekanan seperti yang ditunjukkan indikator RSI yang sudah berada di area overbought dan stochastic yang membentuk dead cross. Candle penutupan kemarin juga membentuk pola bearish marubozu yang menunjukkan potensi pelemahan lanjutan.

Bursa Eropa melonjak tajam

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 1,07% menyusul pelemahan mata uang euro hingga 1,32% setelah Bank Sentral Eropa memutuskan untuk mengurangi program pembelian obligasi menjadi 30 miliar euro per bulan dari sebelumnya 60 miliar euro mulai bulan Januari 2018.

Bursa Amerika menghijau

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 71,61 poin atau 0,31% setelah investor memperkirakan  laba kuartal ketiga jauh di atas ekspektasi Wall Street menjelang rilis laporan keuangan gabungan perusahaan pekan depan.

Harga minyak rally

Harga minyak kembali melaju setelah Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman mengatakan dalam bahwa dia ingin kesepakatan pemangkasan produksi OPEC diperpanjang setelah Maret 2018. Minyak WTI menguat hingga 1,25% ke level USD 52,82 per barel.

Batubara kontraksi

Setelah terus menguat untuk beberapa hari terakhir, harga batubara mengalami koreksi dimana di bursa Rotterdam untuk kontrak pengiriman November harganya melemah 0,60% ke level USD 91,75 per metrik ton.

CPO masih kuat

Harga CPO terus bergerak positif terdorong oleh rebound minyak kedelai yang merupakan komoditas substitusinya. Di bursa Malaysia, harga CPO naik 0,29% ke level 2814 ringgit per ton.


Image source: thecapitalgoldgroup.com

Author


Avatar