Morning Review

Bursa utama dunia dan harga komoditas menguat, sentimen bagus di awal pekan ini

Di awal pekan ini pergerakan IHSG akan menguat disokong oleh sentimen positif dari bursa Amerika dan Eropa yang Jumat lalu cemerlang. Harga komoditas seperti minyak, batubara, yang bergerak menguat juga akan mendorong indeks melaju ke atas. Selain itu, bursa Asia seperti Jepang, Korea dan Hong Kong juga terpantau dibuka menguat di pagi ini.

Meskipun demikian, secara teknikal pergerakan indeks masih berada dalam tekanan jual mengingat kedua indikator RSI dan Stochastic masih berada di area jenuh beli, sehingga penguatan indeks akan terbatas. Garis tengah bollinger band yang umumnya menjadi support masih berada di kisaran 5943, cukup jauh dari penutupan IHSG kemarin di level 5975.

Bursa Amerika menguat

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,14 persen sementara indeks S&P 500 dan Nasdaq ditutup pada rekor tertinggi setelah Produk Domestik Bruto (PDB) AS meningkat pada tingkat tahunan 3,0 persen pada kuartal ketiga 2017, lebih tinggi dari konsensus pasar sebesar 2,5 persen.

Bursa Eropa Rally

Setelah sebelumnya mendapat sentimen positif dari penurunan mata uang Euro, kini rally indeks ditenagai oleh pencapaian kinerja laporan keuangan yang cemerlang di kuartal ketiga. Sebagai hasilnya, indeks Euro Stoxx 50 naik lagi hingga 0,46%.

Minyak mentah menguat lagi

Harga minyak WTI kembali melanjutkan kenaikanya sejak kamis lalu dan ditutup di level USD 53,90 per barel. Kenaikan miyak ditenagai oleh komentar pejabat OPEC yang menyatakan bahwa Arab Saudi dan Rusia sepakat untuk memperpanjang kesepakatan global untuk mengurangi pasokan minyak selama sembilan bulan lagi.

Batubara melonjak

Harga batubara menguat serempak di kedua bursa utama dunia. Di bursa Newcastle, harga batubara untuk kontrak Desember naik 0,52% sedangkan di bursa Rotterdam melonjak hingga 0,88%.

CPO naik tipis

Harga CPO masih mampu menguat tipis 0,11% setelah rally kenaikan yang cukup panjang di minggu lalu. Kenaikan CPO dipengaruhi oleh harga minyak kedelai yang juga naik di perdagangan sebelumnya.


image source: a.mytrend.it

Author


Avatar