Market Updates

Mayoritas bergerak di zona hijau, IHSG ditutup turun tipis terseret pelemahan di sektor consumer

Pergerakan IHSG hari ini cenderung positif dan sempat naik hingga level 6008 ditunjang oleh sektor mining yang naik hingga di atas satu persen. Tapi menjelang penutupan, pelemahan sektor consumer dan aksi profit taking di saham – saham pertambangan membuat IHSG harus ditutup turun tipis 0,02% di level 5974,08.  Lima sektor bergerak menguat dipimpin oleh sektor aneka industri (+0,98%) dan mining (+0,77%). Adapun sektor pemberat indeks di antaranya adalah consumer goods (-1,01%) dan infrastructure (-0,43%).

Asing net buy hampir 1 triliun

Hingga penutupan market, asing mencatatkan inflow ke dalam bursa sebesar 933 miliar di keseluruhan pasar yang didominasi oleh transaksi nego di saham WICO dan PLIN yang keduanya mencapai total 837 miliar. Di pasar reguler, pembelian asing terbanyak ada di saham PGAS, BMRI dan UNTR. Adapun saham – saham yang mencatatkan net sell terbesar adalah TLKM, BBTN dan RALS.

Bursa Asia mixed

Dari Jepangs, indeks Nikkei 225 berhasil naik tipis 0,01% didukung penguatan di sektor perbankan dan kimia mengimbangi sentimen negatif dari menguatnya mata uang yen.

Sejalan dengan bursa Jepang, indeks Kospi Korea turut naik hingga 0,21% sejalan dengan mata uang won yang rebound.

Dari China, Indeks Shanghai Composite ditutup melemah 0,77% terbebani oleh kenaikan imbal hasil obligasi lebih lanjut yang menandakan likuiditas lebih ketat.

Sementara itu, indeks Hang Seng Hong Kong turut melemah 0,36% dimana sub sektor bahan baku anjlok lebih dari 2% sekaligus mengimbangi lonjakan saham energi yang dipicu kenaikan harga minyak.


Image source: img.apmcdn.org

Author


Avatar