Morning Review

Potensi Window Dressing akhir bulan, akankah IHSG sanggup menguat?

Pergerakan indeks hari ini berpotensi untuk rebound meskipun secara teknikal masih berada dalam kondisi tekanan jual yang kuat terlihat dari stochastic yang masih di area overbought. Namun, pola candlestick yang membentuk  tweezer bottom megindikasikan kemungkinan reversal yang cukup besar. Pendorong utama indeks akan berasal dari sektor yang berkaitan dengan komoditas minyak, batubara dan CPO yang masih terus bergerak menguat. Sentimen positif dari potensi adanya windows dressing akan turut memacu indeks untuk bergerak ke atas.

Bursa Amerika melemah

Sejumlah indeks Wall Street mengakhiri rally kenaikanya setelah bursa Amerika terbebani laporan bahwa anggota parlemen AS sedang membahas rencana pengurangan pajak perusahaan secara bertahap. Indeks Dow Jones dan S&P pun ditutup turun di kisaran 0,3%.

IBEX Spanyol rebound, bursa Eropa bullish

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,12% menyusul rebound bursa Spanyol sebesar 2,41% setelah adanya demonstrasi pada akhir pekan untuk persatuan Spanyol dan sebuah jajak pendapat yang mengunggulkan partai-partai yang menentang kemerdekaan Catalonia.

Harga minyak terus menguat

Harga minyak WTI kembali naik 0,41% dan menembus level USD 54 per barel. Penguatan minyak terjadi menyusul komentar pangeran Arab Saudi yang menyatakan bahwa kerajaan Arab siap untuk memperpanjang kesepakatan pemangkasan produksi yang terbukti dapat menyeimbangkan kembali suplai dan permintaan.

Batubara bullish

Harga batubara turut menguat di kedua bursa utama dunia, di Newcastle untuk kontrak Desember, harganya naik 0,46% sedangkan di bursa Rotterdam menguat di kisaran 0,22%.

Permintaan naik, harga CPO terus ke atas

Kenaikan ekspor CPO Malaysia sebesar 8,6% membuat kekhawatiran investor akan kelebihan pasokan mulai mereda, hasilnya CPO terus naik hingga ke level 2840 ringgit per ton pada perdagangan kemarin.

 

Image source: kiplinger.com

Author


Avatar