Market Updates

Sektor industri dasar melonjak hingga 2%, IHSG bertengger mantap di level 6005

Pergerakan IHSG hari ini sejak pembukaan melaju di zona hijau dengan level tertingginya mencapai 6034. Aksi windows dressing di akhir bulan dan ekpektasi rilis data inflasi esok hari menjadi sentimen positif bagi market. Indeks pun ditutup menguat 0,53% di level 6005,78. Sektor industri dasar menjadi bintang dengan kinerja terbaik hingga 2%, disusul oleh sektor consumer yang naik 1,23%. Adapun sektor – sektor yang memberatkan indeks antara lain adalah infrastructure (-0,72%), trade& service (-0,22%), serta aneka industri (0,08%).

Asing kembali net buy besar

Setelah kemarin masuk hingga hampir 1 triliun, hari ini asing kembali mencatatkan inflow hingga 516 miliar di keseluruhan pasar yang mana didominasi oleh saham trio banking (BBRI, BBCA, BMRI) yang ketiganya mencatatkan net buy sebesar 510 miliar. Adapun saham yang mencatatkan net sell terbesar masih dipegang oleh TLKM yang mencapai -131 miliar.

Bursa Asia bergerak beragam

Dari Jepang, indeks Nikkei ditutup melemah tipis 0,06 poin tertekan oleh Saham SoftBank Group yang melemah 4,6% akibat kabar kegagalanya dalam menggabungkan unit usahanya di AS yaitu   Sprint Corp., dengan T-Mobile US Inc.

Indeks Hang Seng Hong Kong juga turut melemah terseret oleh turunya saham – saham di sektor finance yang anjlok hingga 0,84%.

Indeks Shanghai Composite China masih berhasil ditutup menguat 0,09% setelah dibuka naik hingga 0,2% akibat rilis data PMI indeks yang tidak sesuai ekspektasi pasar.

Sementara itu dari Korea, indeks Kospi berhasil melonjak hingga 0,86% didukung oleh menguatnya saham-saham consumer.

 

Image source: petropower.co.uca

Author


Avatar