Market Updates

Sentimen positif dari dalam negeri, IHSG abaikan tekanan dari net sell asing yang mencapai 1,12 triliun

IHSG hari ini bergerak cerah dan ditutup naik 0,54% ke level 6038,15 dipengaruhi oleh sentimen positif dari dalam negeri. Siang tadi BPS mengeluarkan pengumuman data inflasi Oktober yang hanya sebesar 0,01% menunjukkan bahwa perekonomian berjalan stabil. Selain itu, rilis data bank Dunia yang menunjukkan peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia yang meningkat dari urutan 91 ke 72 memberikan sentimen positif bagi market.

Sektor mining penggerak pasar

Sektor mining hari ini menjadi penggerak pasar yang dipengaruhi oleh saham – saham di sektor logam dan batubara yang harga komoditasnya bergerak menguat. Selain sektor mining yang naik 2,17%, Sektor finance juga menopang pergerakan IHSG dengan penguatan sebesar 1,22%. Adapun penekan utama market berasal dari sektor basic industry (-1,07%) dan infrastructur (-0,87%).

Asing net sell 1,12 triliun

Outflow deras di saham TLKM (-640 miliar) dan penjualan saham SMRA (-603 miliar) di pasar nego membuat net sell asing hari ini membengkak hingga 1,12 triliun. Jumlah tersebut tidak mampu diimbangi oleh dana asing yang sebenarnya cukup banyak masuk di sektor perbankan seperti BBNI dan BBCA.

Bursa Regional Asia positif

Sejumlah indeks utama bursa Asia bergerak menghijau hingga penutupan sore ini karena optimisme tentang prospek pertumbuhan ekonomi global menyusul laporan data kepercayaan konsumen Amerika Serikat yang menunjukkan hasil positif.

Indeks Nikkei 225 Jepang melonjak tajam hingga 1,98% disusul oleh Kospi Korea yang naik 1,31%. Sedangkan Shanghai Composite China dan Hang Seng, Hong Kong, masing – masing menguat 0,08% dan 1,36%.

Selain karena faktor-faktor tersebut, pergerakan positif bursa Asia juga dipengaruhi oleh  China dan Korea Selatan yang sepakat untuk mengesampingkan perselisihan yang telah berlangsung selama sekitar satu tahun terkait keputusan Seoul untuk menggunakan perisai rudal AS.


Image source: themerkle.com

Author


Avatar