Morning Review

The FED mempertahankan tingkat suku bunga acuan, bursa regional Asia dibuka menghijau

Bank Sentral Amerika (the FED) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya di tengah spekulasi tentang penunjukan Ketua Fed berikutnya oleh Presiden AS Donald Trump. Pasar tenaga kerja AS terus menguat dan aktivitas ekonomi telah meningkat pada tingkat yang solid membuat suku bunga dipertahankan di kisaran 1,0% hingga 1,25%. Pasca keputusan tersebut, sejumlah indeks utama Asia seperti Nikkei Jepang, Kospi Korea dan STI Singapura pagi ini terpantau bergerak menguat meskipun tipis yang mana akan menjadi sentimen positif bagi IHSG.

IHSG berpotensi sideways

IHSG hari ini kami prediksikan akan bergerak mixed setelah kemarin mencapai rekor penutupan tertinggi, indeks berpeluang untuk terkonsolidasi. Secara teknikal baik RSI dan Stochastic menunjukkan IHSG di area oversold. Namun candle terakhir yang menunjukkan pola bullish marubozu menunjukkan masih adanya tekanan beli yang kuat dari pasar. Harga komoditas batubara, CPO, emas dan nickel yang masih terus menguat juga akan menjadi penggerak IHSG hari ini.

Dow Jones masih bukukan penguatan

Indeks Dow Jones berhasil ditutup menguat 0,25% menyusul keputusan The Federal Reserve untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuannya sesuai dengan prediksi pasar.

Indeks bursa Eropa sentuh level tertinggi dua tahun

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup naik 0,4% ke level 398,05 yang mana merupakan level yang terakhir dicapai pada Agustus 2015. Kenaikan indeks ditopang oleh lonjakan laba yang diperoleh emiten – emiten seperti Indivior, Novo Nordisk dan Lundin Petroleum.

Minyak melandai

Harga minyak WTI tergelincir 0,68% ke level USD 54,27 per barel menyusul laporan pemerintah AS yang menunjukkan penurunan jumlah persediaan minyak mentah dan bensin yang lebih kecil dari perkiraan.

Batubara masih kuat

Harga batu bara kembali ditutup naik setelah adanya kekhawatiran mengenai isu pemogokan karyawan tambang di Afrika Selatan yang berpotensi mengganggu pasokan batubara dunia. Di Rotterdam dan Newcastle, harga batubara serempak menguat sebesar 0,43% dan 1,02% untuk kontrak Desember.

CPO rebound

Harga minyak sawit rebound 0,75% ke level 2837 ringgit per ton seiring dengan penguatan minyak kedelai sebesar 0,43%.


Image source: schwab.com

Author


Avatar