Market Updates

Tertekan aksi profit taking, IHSG terkoreksi tipis

Sempat bergerak menguat hingga ke level tertingginya sepanjang masa di 6082, IHSG perlahan bergerak melemah dan ditutup turun tipis 0,12% ke level 6031,11 tertekan oleh sektor konsumer yang didominasi oleh melemahnya saham UNVR, INDF dan ICBP. Selain konsumer, sektor trade & service dan manufacture masing – masing turun sebesar 1,18% dan 0,72%.

Transaksi nego besar, Net Sell asing tembus 4,48 triliun

Outflow asing dari bursa hari ini didominasi oleh transaksi penjualan nego di saham SMMA dan BSIM yang total keduanya mencapai  -4,73 triliun. Namun demikian, di pasar reguler yang mempengaruhi harga saham, asing mencatatkan net buy cukup besar hingga 391 miliar didominasi pembelian di saham BBCA, BMRI, BBRI dan BBTN.

Bursa Asia akhiri rally

Bursa Asia mengakhiri rentetan kenaikanya menyusul keputusan Donald Trump memilih Jerome Powell untuk menggantikan Janet Yellen sebagai Gubernur Bank Sentral AS periode berikutnya, memberi kekhawatiran investor mengenai keputusan kebijakan moneter selanjutnya.

Indeks Shanghai Composite, China dan Hang Seng, Hong Kong masing – masing bergerak melemah 0,37% dan 0,18%. Kemudian Kospi Korea turun 0,40% serta STI Singapura melemah 0,32%. Adapun indeks Nikkei 225 Jepang masih mampu naik 0,53% karena terdorong oleh laporan keuangan Honda Motor Corp yang cemerlang.

Image source: assets.entrepreneur.com

Author


Avatar