Morning Review

Sentimen positif dari bursa Amerika dan pergerakan harga komoditas, berikut proyeksi IHSG hari ini

Pergerakan IHSG hari ini kami prediksikan cenderung tertekan setelah kemarin terdapat aksi jual besar menjelang penutupan sehingga indeks ditutup di level terendahnya. Secara teknikal baik RSI dan Stochastic sudah menunjukkan indeks berada di area overbought, dan menyentuh garis upper bollinger band sehingga potensi penguatan cukup terbatas. Pendorong gerak IHSG hari ini berasal dari sentimen positif bursa Amerika pasca UU reformasi pajak dan harga komoditas minyak, batubara serta timah yang masih naik.

Dow Jones masih kuat

Indeks Dow Jones berhasil mengukir rekor tertinggi setelah kemarin melesat 81,25 poin atau 0,35% menjadi 23.516,26. Investor Amerika mencermati rancangan UU reformasi pajak yang baru saja dirilis dimana tarif pajak perusahaan akan dipangkas menjadi 20% dari sebelumnya 35%.

Bursa Eropa roboh

Setelah terus menguat dalam beberapa hari terakhir, indeks Stoxx Europe 600 ditutup turun 0,5% tertekan pelemahan pada sektor kesehatan dan teknologi.

Minyak terus memanas

Harga minyak mentah WTI menyentuh level tertinggi dalam lebih dari dua tahun di angka USD 54,54 per barel  setelah menteri urusan perminyakan dari Arab Saudi dan Irak menyatakan keyakinan mereka bahwa kesepakatan antara OPEC dan pemasok minyak mentah utama lainnya akan diperpanjang melebihi Maret 2018.

Batubara menguat tipis

Masih dibayangi oleh kekhawatiran akan kekurangan pasokan, harga batubara di bursa Rotterdam bergerak naik 0,21% menuju level USD 94,30 per metrik ton.

CPO terkoreksi

Harga CPO kemarin terkoreksi 0,60% namun masih di atas level 2800 ringgit per ton. Pelemahan CPO sejalan dengan menguatnya ringgit dan turunya harga minyak kedelai sebagai komoditas substitusinya.

Image source: s3.amazonaws.com

Author


Avatar