Market Updates

Terdorong positifnya bursa Asia, IHSG ditutup menguat di akhir pekan

Sempat bergerak fluktuatif dengan rentang 5989 – 6046, indeks ditutup naik 0,14% ke level 6039,54. Sentimen dari hijaunya bursa Asia mendorong IHSG bergerak ke atas. Enam dari sepuluh sektor yang terdaftar di bursa bergerak positif dengan consumer good sebagai pendorong utama dengan kenaikan sebesar 1,70% disusul oleh manufaktur yang menguat 1,04%. Adapun penekan utama berasal dari sektor trade& service (-1,51%), finance (-0,60%) dan aneka industri (-0,51%).

Asing net sell 593 miliar

Hari ini asing melakukan outflow dari bursa dengan net sell hingga 593 miliar di keseluruhan pasar yang didominasi oleh penjualan bersih SMMA di pasar nego yang senilai 401 miliar. ASII dan TLKM menyusul dengan total keduanya mencapai -201 miliar. Adapun saham – saham yang hari ini dicollect oleh asing adalah EMTK (120 miliar), BMRI (60 miliar) dan GGRM (51 miliar).

Bursa Asia Cerah

Bursa regional Asia hari ini bergerak cukup positif meskipun bursa Jepang ditutup karena libur. Investor optimis akan data tenaga kerja Amerika yang dirilis malam ini akan mengalami rebound seiring pulihnya dampak dari badai yang sebelumnya melanda.

Indeks Kospi Korea naik hingga 0,46% seiring menguatnya won. Indeks Hang Seng Hong Kong juga menguat hingga 0,26% meskipun bursa China melemah 0,34%. Kemudian indeks ASX 200 Australia juga terpantau naik hingga 0,47%.

Pasar Asia juga menanggapi positif tur 11 hari presiden Donald Trump ke Asia yang meliputi Jepang, Korea Selatan, China, Vietnam, dan Filipina. Hal ini diyakini akan meningkatkan kerjasama negara – negara Asia dengan Amerika.

Image source: qzprod.files.wordpress.com

Author


Avatar