Market Updates

Aksi jual asing di saham TLKM mereda, sektor insfrastructure pendorong utama kenaikan IHSG

Meski sempat melemah, mayoritas pergerakan IHSG hari ini berada di zona positif dengan rentang pergerakan antara 6025 – 6062 dan ditutup menguat 0,19% menuju level 6050,82. Enam dari sepuluh sektor bergerak menguat dengan pendorong terbesar pada sektor infrastructure yang naik 1,39% karena menguatnya saham TLKM. Adapun penekan terbesar indeks berasal dari consumer good yang melemah 0,80%.

Asing catatkan net buy di pasar reguler

Hingga penutupan pasar sore ini, asing mencatatkan net buy di pasar reguler sebesar 264 miliar. Namun adanya penjualan di pasar nego pada saham KPIG dan TELE yang mencapai -454 miliar membuat di keseluruhan pasar, asing mencatatkan net sellsebesar 158 miliar.

Yang menarik, aksi jual asing di saham TLKM sudah mereda dan hari ini justru mencatatkan net buy sebesar 46 miliar sehingga harganya naik cukup tajam mencapai 2,44%. Untuk diketahui, sepanjang bulan Oktober lalu, outflow asing di TLKM mencapai 7,32 triliun.

Bursa Asia flat

Pergerakan bursa regional Asia hari ini bergerak cukup datar dengan kecenderungan menguat. Pasar Asia mengamati pergolakan yang terjadi di Arab Saudi terkait tindakan anti-korupsi yang telah menjerat sejumlah pejabat tinggi termasuk Pangeran Alwaleed bin Talal yang mempunyai banyak aset dan investasi di luar negeri dan berpotensi untuk disita.

Indeks Nikkei 225, Hang Seng serta Shanghai Composite terpantau masih mampu ditutup positif. Sedangkan ASX Australia dan STI Singapore melemah tipis di kisaran 0,1%. Adapun Kospi, Korea ditutup turun cukup tajam hingga 0,33% karena melemahnya mata uang won.

Selain mengamati gejolak di Arab, investor juga mencermati perkembangan  kunjungan presiden Trump di negara – negara Asia setelah komentar Trump di Tokyo, mengeluhkan perdagangan yang tidak adil dengan Jepang serta menekan negeri sakura untuk meningkatkan investasi di AS.

Source image: http://telkompkbl.com

Author


Avatar