Morning Review

Aksi spekulasi menjelang rilis data PDB kuartal ketiga, berikut proyeksi IHSG hari ini

Pergerakan IHSG pada awal pekan ini berpotensi untuk bergerak menguat mengantisipasi rilis data PDB kuartal II yang diprediksi lebih baik dari kuartal II tahun ini. Selain itu, rilis data indeks kepercayaan bisnis, kepercayaan konsumen bulan Oktober, data cadangan devisa, serta penjualan ritel September bisa menjadi sentimen positif bagi penguatan indeks.

Waspada profit taking

Meski demikian, secara teknikal penutupan IHSG Jumat lalu membentuk pola candlestick hanging man yang merupakan indikasi reversal dari trend naik sebelumnya. RSI dan Stochastic juga berada di area jenuh beli sehingga potensi kenaikan indeks sudah terbatas. Selain itu, adanya aksi terorisme di Gereja Texas, AS, yang menewaskan 27 orang berpotensi membuat investor mengalihkan dananya ke instrumen safe haven dan mendorong aksi jual di aset – aset yang lebih beresiko seperti saham.

Bursa Amerika menghijau

Tiga indeks saham utama di Amerika Serilkat mencatatkan rekor tertinggi tertopang oleh kenaikan saham Apple dan Qualcom yang melesat lebih dari 2%. Pasar Amerika masih dipengaruhi sentimen pembahasan UU pemangkasan pajak yang saat ini sedang dibahas di parlemen.

Minyak mendidih

Harga minyak WTI terus naik hingga saat ini berada di level USD 55,64 per barel atau melaju hingga 2,02% didorong oleh rilis data jumlah rig pada Jumat lalu dimana terjadi pengurangan sebesar 8 rig, sehingga yang aktif beroperasi  hanya 729 rig. Ini merupakan level terendah sejak Mei.

Batubara akhiri rally

Harga batubara kompak melemah di kedua bursa utama dunia, setelah rally kenaikan selama empat hari beruntun. Di Newcastle harga batubara kontrak Desember anjlok 1,41% sedangkan di Rotterdam, harganya melorot hingga 1,43%.

CPO turun

Harga minyak kedelai yang menyusut tajam hingga 1,26% membawa sentimen negatif bagi CPO. Di bursa Malaysia, harga CPO ditutup melemah 0,57% ke level 2804 ringgit per ton pada penutupan Jumat pekan lalu.


Image source: financialtribune.com

Author


Avatar