Market Updates

IHSG ditutup menguat 0,16% mengekor lonjakan saham – saham di bursa Asia

Pergerakan IHSG hari ini cukup mixed dengan rentang yang sempit antara 6047 – 6065 dan ditutup naik tipis 0,16% ke level 6060,45. Penguatan indeks sejalan dengan positifnya bursa – bursa Asia yang terdorong oleh lonjakan harga komoditas. Selain itu, inflow asing yang hari ini mencapai 457 miliar juga cukup membantu kenaikan indeks di tengah kekhawatiran akan adanya aksi profit taking.

Sektor aneka industri menopang pergerakan indeks

Kenaikan saham ASII dan KBLI mendorong sektor aneka industri menguat 1,33% yang merupakan kenaikan sektoral tertinggi hari ini bersama sektor mining dan consumer good yang naik 0,89% dan 0,46%. Dari sepuluh sektor, empat sektor bergerak melemah yaitu construction, agri, trade dan basic industry.

 Bursa Asia Melompat

Mayoritas indeks saham regional  Asia bergerak naik didorong oleh kinerja saham perusahaan-perusahaan energi dan bahan baku yang diuntungkan dari lonjakan harga minyak, batuabara dan logam.

Indeks Shanghai China dan Hang Seng, Hong Kong serempak menguat 0,75% dan 1,40%. Bursa Jepang menyusul dengan lonjakan sebesar 1,73% pada indeks Nikkei 225 karena terdorong oleh laporan keuangan di sektor teknologi dan otomotif yang cemerlang, serte melemahnya nilai tukar yen terhadap dollar.

Berkebalikan dengan ketiga bursa di atas, indeks Kospi Korea justru merosot 0,16% setelah kunjungan Donald Trump ke Korsel disambut oleh aksi unjuk rasa karena adanya kekhawatiran hal tersebut akan memprovokasi dan semakin memperuncing hubungan dengan Korea Utara.

Image source: hacked.com

Author


Avatar