Market Updates

Sektor infrastruktur dan Mining menjadi penekan utama, IHSG melemah 0,18%

Setelah menguat selama dua hari terakhir, akhirnya IHSG mengalami koreksi sehat dengan penurunan sebesar 0,18% di level 6049,38. Sempat menyentuh level terendah di 6033, IHSG perlahan naik seiring dengan rebound pada sektor consumer dan aneka industri yang sampai penutupan menguat sebesar 0,54% dan 0,97%. Penekan utama indeks berasal dari sektor infrastruktur karena merosotnya saham TLKM hingga 2,15%. Pelemahan harga komoditas juga turut menyeret sektor mining dan turun sebesar 1,30%.

Asing net sell 821 miliar di keseluruhan pasar

Net sell asing hari ini cukup besar karena banyaknya transaksi penjualan di pasar nego pada saham SMMA, KPIG, MNCN dan BHIT. Di pasar reguler yang berpengaruh ke harga saham secara langsung, outflow asing terpantau cukup sedikit hanya senilai 80 miliar karena adanya net buy jumbo di saham BBRI senilai 376 miliar mengimbangi penjualan di saham TLKM, UNTR dan ADRO.

Bursa Asia bergerak flat

Bursa Asia hari ini cenderung bergerak mixed dengan rentang pergerakan yang sempit menyusul kabar dari Amerika bahwa partai Republik di Senat sedang mempertimbangkan penundaan realisasi pemangkasan pajak korporasi.

Indeks Nikkei 225 Jepang ditutup turun 0,11% disusul oleh Hang Seng, Hong Kong  yang melemah 0,19%. Adapun indeks Shanghai Composite China masih mampu bergerak naik tipis 0,06%. Kemudian Kospi Korea menguat 0,27% dipengaruhi oleh naiknya saham perbankan, farmasi dan teknologi.

Selain faktor pajak Korporasi, pergerakan market juga turut tertekan oleh harga – harga komoditas yang semalam bergerak melemah seperti minyak bumi, batubara dan logam industri.

Image source: http://global.micromine.com

Author


Avatar