Market Updates

Asing net sell hingga 1,2 triliun, IHSG ditutup turun 0,34%

Sempat menguat di awal perdagangan hingga ke level 6054, IHSG perlahan bergerak turun seiring dengan outflow asing dari bursa. Indeks ditutup melemah 0,34% atau anjlok 20,63 point ke level 6021,83. Net sell asing hari ini terpantau sangat besar hingga mencapai 1.21 triliun di keseluruhan pasar yang didominasi oleh penjualan bersih di saham BBCA (-551 miliar), KPIG (-240 miliar) dan UNTR (-185 miliar).

Hanya ditopang tiga sektor

Pelemahan IHSG juga disebabkan oleh ambruknya tujuh dari sepuluh sektor dengan penekan terbesar pada sektor trade (-1,19%), infrastructure (-0,90%) dan basic industry (-0,90%). Adapun tiga sektor yang menopang indeks di antaranya adalah miscellaneous industry yang dipengaruhi naiknya saham ASII serta sektor consumer goods yang mendapatkan kinerja positif dari menguatnya group indofood.

Bursa Asia mayoritas melemah

Pergerakan bursa Asia hari ini mengikuti bursa Amerika dan Eropa yang bergerak melemah. Investor sedang mencermati tentang kemungkinan adanya penundaan pembahasan UU pemotongan pajak setelah Partai Republik mengumumkan rancangan UU baru versi mereka yang berisi penundaan implementasi pajak hingga 2019 nanti.

Indeks Nikkei 225 Jepang terpantau mengalami penurunan yang paling tajam sebesar -0.87% terbebani oleh sektor teknologi, termasuk saham Toshiba yang turun hingga 4,47%.  Selain dari jepang, Indeks Kospi Korea juga melemah 0,30% sedangkan Hang Seng Hong Kong turun tipis 0,01%. Meski demikian, indeks Shanghai Composite China berhasil ditutup naik 0,14% karena data ekonomi yang positif.

Image source: beprepared.com

Author


Avatar