Market Updates

IHSG melemah mengikuti mayoritas bursa regional Asia

Bursa saham domestik hari ini bergerak mixed dengan rentang 6016 – 6045 dan ditutup melemah tipis 0,01% ke level 6021,46 dengan enam dari sepuluh sektor bergerak turun. Pelemahan terbesar ada pada sektor infrastructure (-0,62%) dan finance (-0,43%) yang mengimbangi penguatan pada sektor consumer (0,94%) dan mining (0,30%). Pergerakan IHSG ini sejalan dengan melemahnya bursa Asia karena fokus investor yang masih tertuju ke Amerika.

Asing net sell 321 miliar

Sampai dengan penutupan, asing mencatatkan outflow sebesar 321,20 miliar di keseluruhan pasar. Penjualan dan pembelian terbesar terjadi di pasar nego pada saham KPIG (-281 miliar) dan BRAU (+234 miliar). Sedangkan di pasar reguler, net buy terbesar ada pada saham BBRI, ASII dan GGRM. Adapun saham yang menjadi top net sellnya adalah BBCA, UNTR dan TLKM.

Bursa Asia mayoritas memerah

Mengawali pekan ini, bursa Asia mayoritas bergerak melemah karena investor harap – harap cemas akan perkembangan reformasi pajak Donald Trump yang tertunda oleh RUU baru rancangan partai republik.

Indeks Nikkei 225 anjlok hingga 1,32% karena menguatnya yen secara signifikan terhadap dollar, disusul oleh Kospi yang turun 0,5%. Adapun STI Singapura dan ASX 200 turun tipis masing – masing 0,07% dan 0,13%.

Namun demikian, bursa saham China masih bergerak positif dimana Shanghai Composite dan Hang Seng, Hong Kong mencetak penguatan sebesar 0,44% dan 0,19% setelah aturan pemerintah China yang menaikkan batas kepemilikan asing pada perusahaan finansial yang dapat memberikan akses lebih besar kepada investor luar negeri di pasar keuangan.

Image source: financialtribune.com

Author


Avatar