Market Updates

IHSG berbalik arah seiring rilis data ekonomi China yang kurang solid

Sempat menguat di awal dagang hingga level 6039,30 IHSG pelan – pelan berbalik arah dan ditutup di level terendahnya hari ini di 5988,29 atau turun 0,55%. Pelemahan indeks sejalan dengan anjloknya bursa Asia karena rilis data ekonomi China yang di bawah ekpektasi pasar. Turunya IHSG juga turut dipengaruhi oleh net sell asing yang hari ini mencapai 721 miliar di keseluruhan pasar dimana penjualan terbanyak pada saham KPIG (-238 miliar), BBRI (-122 miliar), BHIT (-118 miliar) dan JSMR (-100 miliar).

Hampir semua sektor melemah

Dari sepuluh sektor yang menyokong bursa, hanya sektor trade&service yang mencatatkan kinerja positif sebesar 0,85%. Adapun sembilan sektor lainya melemah dengan penekan terbesar pada sektor consumer (-1,01%), finance (-0,86%) dan manufacture (-0,86%).

Bursa Regional Asia berbalik melemah

Sempat bergerak positif tadi pagi, bursa regional Asia berbalik melemah seiring rilis data ekonomi China yang mengecewakan pasar. Data penjualan retail China tumbuh 10% pada Oktober sedangkan output industri naik 6,2%. Namun keduanya masih jauh di bawah perkiraan analis dimana retail sales tumbuh 10,4% dan output industri naik 6,3%.

Sebagai hasilnya, indeks Shanghai Composite turun 0,53% sedangkan Hang Seng, Hong Kong melemah 0,05%. Adapun Nikkei Jepang dan Kospi Korea masing – masing melemah 0,08% dan 0,15%.

Selain itu, menurut data dari Japan Exchange Group aksi beli investor asing yang telah menopang indeks acuan ke level tertinggi barunya, mulai mengecil pada awal November. Hal ini kemungkinan besar terkait dengan kegaduhan politik di Amerika terkait dengan rencana pemotongan pajak Donald Trump yang tak kunjung usai.


Image source: foreignbrief.com

Author


Avatar