Market Updates

IHSG melaju positif seiring menguatnya bursa regional Asia

Sempat menembus rekor baru hingga ke level 6092,35 IHSG dipaksa berakhir hanya di level 6051,73 (+0,23%) setelah dua saham rokok terbesar yaitu GGRM dan HMSP ditutup di harga terendahnya hari ini. Hal ini membuat sektor consumer menjadi penekan indeks dengan penurunan 1,17% bersama sektor manufaktur yang merosot 0,65%. Adapun penggerak utama market berasal dari sektor finance yang hari ini melonjak tajam sebesar 1,50% karena bagusnya performa saham BBRI, BMRI dan BBNI.

Asing net sell Jumbo di saham perbankan

Meskipun sektor finance menguat tajam namun hal itu tidak menyurutkan asing untuk melanjutkan outflownya. BBCA (-256 miliar), BBRI (-120 miliar) dan BMRI (-79 miliar) menjadi top net sell asing di pasar reguler. Sedangkan di pasar nego ada transaksi penjualan bersih LPCK yang mencapai -246 miliar. Secara total net sell asing di keseluruhan pasar hari ini mencapai 1,06 triliun.

Bursa Asia bergerak menguat

Bursa Asia hari ini cukup cerah menyusul sentimen positif dari Amerika terkait disetujuinya rancangan UU pemotongan Pajak oleh DPR Amerika. Indeks Hang Seng, Hong Kong ditutup naik 0,65% sedangkan ASX Australia dan STI Singapura masing – masing menguat 0,23% dan 1,09%.

Indeks Nikkei 225 Jepang juga turut naik 0,27%  namun melemah dari pembukaan tadi pagi sebesar 1,12%. Penurunan Nikkei disebabkan tekanan penguatan yen oleh melemahnya dollar pasca Tim penasihat khusus Robert Mueller menemukan banyak dokumen dengan keyword ”Rusia” dari beberapa pejabat Donald Trump.  

Namun demikian, Shanghai Composite China terpantau  turun 0,50% masih terpengaruh oleh data-data ekonomi seperti industrial output, fixed asset investment dan retail sales yang meleset dari perkiraan. Selain China, indeks Kospi Korea juga terpantau turun tipis 0,03% karena volume transaksi yang rendah.



Image source: wise-owl.com

Author


Avatar