Morning Review

Sentimen positif dari dalam dan luar negeri, IHSG berpeluang lanjutkan rebound

IHSG hari ini masih berpeluang untuk melanjutkan kenaikanya karena sentimen positif dari  mulai stabilnya harga minyak dunia serta lonjakan di indeks bursa Amerika serta Eropa akibat disetujuinya RUU perombakan pajak oleh DPR Amerika. Harga CPO yang kembali menguat juga akan menjadi katalis bagi saham – saham di sektor agri. Dari dalam negeri, hasil Rapat Dewan Gubernur BI pada 15-16 November 2017 yang  memutuskan mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 4,25% mengindikasikan bahwa kondisi perekonomian saat ini cukup stabil.

Bursa Amerika naik tajam

DPR AS tadi malam menyetujui paket pemangkasan pajak yang mempengaruhi perusahaan, individu dan keluarga. Rencana tersebut di antaranya mencakup penuruna tarif pajak perusahaan menjadi 20% dari 35%. Sebagai hasilnya indeks Dow Jones menguat hingga 0,80% sedangkan Nasdaq dan S&P 500 masing – masing melonjak 0,82% dan 1,3%.

Bursa Eropa rebound

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,8%, dengan saham DAX naik 0,6%. Sektor jasa finansial, otomotif, dan teknologi berada di antara performa terbaik yang turut mendongrak bursa lebih tinggi.

Harga minyak melemah tipis

Pergerakan harga minyak mulai stabil di kisaran USD 55 per barel meski ditutup turun tipis 0,11%  seiring dengan keraguan pedagang seputar kelanjutan upaya pembatasan produksi oleh OPEC dimana sampai saat ini belum ada pemimpin OPEC yang berupaya mengajak Rusia dalam kesepakatan ini.

Batubara masih terkapar

Harga batubara di bursa Newcastle anjlok cukup tajam hingga 2,33% sedangkan di Rotterdam harganya turun tipis 0,33%. Penurunan batubara masih terkait dengan kekhawatiran investor mengenai penurunan permintaan dari China.

CPO rebound

Harga CPO sukses mencetak rebound sebesar 1% dan bertahan di level 2739 ringgit per ton karena menguatnya mata uang dollar menekan ringgit Malaysia.

 

Image source: fm.cnbc.com

Author


Avatar