Market Updates

Tertekan aksi jual menjelang penutupan, IHSG ditutup naik tipis 0,03%

Seperti yang terjadi Jumat lalu, IHSG bergerak mantap di awal perdagangan hingga ke level 6098,78. Namun ketika sesi pre closing, indeks ditekan turun oleh penjualan masif di saham TLKM sehingga hanya bisa ditutup naik tipis 0,03% ke level 6053,28. Enam dari sepuluh sektor bergerak menguat dipimpin oleh basic industry (+0,82%) dan consumer goods (+0,59%) yang mengimbangi penurunan di sektor infrastructure (-1,00%) dan construction (-0,66%).

Asing net sell tipis

Hingga sore ini net sell asing cukup tipis dengan nominal 49 miliar di keseluruhan pasar. Penjualan besar terjadi di pasar nego pada saham LPCK, ESSA dan BBRI dengan total 224,93 miliar. Adapun saham – saham yang mencatatkan net buy terbesar di antaranya adalah BBRI (+136 miliar), TLKM (114 miliar) dan BBTN (40 miliar).

Bursa Asia bergerak mixed

Sejumlah indeks acuan di bursa regional Asia sore ini bergerak mixed dengan kecenderungan melemah mengikuti penurunan bursa saham AS pada Jumat, ketika perbedaan antara imbal hasil obligasi AS bertenor 2 dan 10 tahun mencapai level yang paling tipis dalam satu dekade terakhir. Namun di sisil lain, kenaikan harga minyak dan logam  mengerek harga saham perusahaan energi dan sumber daya.

Dari Jepang, indeks Nikkei 225 anjlok hingga 0,62% tertekan oleh rencana Toshiba untuk menjual saham baru dengan target dana ¥ 600 miliar atau setara US$ 5,3 miliar. Pelemahan bursa Jepang diikuti indeks Kospi Korea yang turun 0,25% karena melemahnya saham – saham farmasi.

Sementara itu dari negeri tirai bambu, Indeks Shanghai Composite China dan Hang Seng, Hong Kong ditutup positif dengan kenaikan sebesar 0,28% dan 0,15%. Adapun indeks STI Singapura juga terpantau menguat tipis 0,12% hingga penutupan.


image source: http://telkompkbl.com

Author


Avatar