Market Updates

IHSG ditutup melemah 0,40% di tengah bursa Asia yang serempak menguat

Pergerakan IHSG hari ini mayoritas berada di zona merah meskipun pada awal pembukaan sempat melejit hingga ke level 6076,23. Aksi profit taking investor membuat indeks perlahan turun dan ditutup di level 6028,96 atau melemah sebesar 0,4%. Delapan dari sepuluh sektor bergerak melemah dengan penekan terbesar pada sektor mining dan basic industry yang rontok di kisaran 1,2%. Adapun dua sektor yang mencatatkan penguatan adalah consumer goods (+0,05%) dan infrastructure (+0,24%).

Asing net sell besar di saham BMRI

Outflow asing sampai dengan penutupan tercatat sebesar 367,11 miliar di keseluruhan pasar, lebih kecil dari rata-rata nett sell asing harian di bulan ini yang mencapai 818 miliar per hari. BMRI menjadi top net sell asing hari ini dengan nominal sebesar 467 miliar yang disusul oleh BBRI di angka 104 miliar. Adapun saham – saham yang menjadi top net buy adalah MEDC (72 miliar), BBCA (71 miliar), TLKM (33 miliar) dan BDMN (30 miliar).

Bursa utama Asia serempak menghijau

Sejumlah indeks utama Asia bergerak naik mengekor kenaikan bursa Amerika dan Eropa yang menghijau tadi malam setelah investor semakin optimis akan kesuksesan rencana reformasi pajak yang saat ini sedang dibahas di Senat.

Indeks Nikkei Jepang naik 0,73%  bahkan ketika mata uang yen terpantau menguat 0,1%. Sementara itu Shanghai Composite dan Hang Seng masing – masing naik 0,53% dan 1,81%.  Adapun Kospi, Korea juga menguat tipis 0,12%.

Bursa Australia hingga penutupan juga terpantau naik 0,30% didorong saham-saham perbankan yang menanjak. Empat saham bank besar, yakni ANZ, Commonwealth Bank, Westpac, dan National Australia Bank menguat.


Image source: anglianwaterbusiness.co.uk

Author


Avatar