Morning Review

Harga komoditas mulai pulih dan bursa dunia menghijau, peluang IHSG untuk rebound

IHSG hari ini kami prediksikan masih akan bergerak mixed dengan kecenderungan untuk menguat terbatas dipengaruhi oleh naiknya bursa Amerika, Eropa serta regional Asia pagi ini. Harga komoditas minyak, batubara dan CPO yang turut naik juga akan mendukung pergerakan indeks. Secara teknikal laju indeks masih tertekan tetapi mulai menunjukkan tekanan beli setelah kemarin sempat menembus garis middle bollinger band. RSI dan Stochastic juga masih berada di zona netral sehingga potensi kenaikan masih cukup terbuka.

Bursa Amerika menguat

Ketiga indeks utama Wall Street bergerak menghijau setelah sektor kesehatan dan teknologi mencetak rekor penutupan tertinggi. Indeks Dow Jones ditutup menguat 0,69% sedangkan S&P 500 dan Nasdaq masing – masing melaju 0,65% dan 1,06%.

Bursa Eropa lanjutkan rebound

Indeks Stoxx Europe 600 pulih dengan cepat dari pelemahan di awal perdagangan dan ditutup menguat 0,44%  setelah Kanselir Angela Merkel mengatakan bahwa dia lebih memilih adanya pemilihan ulang setelah kegagalan perundingan untuk membentuk koalisi tiga arah.

Harga minyak masih menguat

Harga minyak WTI naik tajam 1,71% menuju level USD 57,05 per barel setelah data kelompok perdagangan industri AS menyebutkan persediaan minyak AS menurun 6,356 juta barel pekan lalu, lebih dalam dibanding survey Reuters yang memperkirakan penurunan 1,5 juta barel.

Batubara masih perkasa

Seiring dengan menguatnya minyak, batubara lanjutkan rebound di kedua bursa utama dunia. Di Newcastle, harga batubara naik 1,09% sedangkan di Rotterdam naik 0,66% untuk kontrak pengiriman Desember.

Harga CPO menguat tipis

Masih dihantui oleh prediksi kelebihan suppy dan pajak impor India, harga CPO berhasil naik tipis 0,19% ke level 2635 ringgit per ton seiring rebound minyak kedelai sebesar 0,65%.

 

Image source: worldatlas.com

Author


Avatar