Uncategorized

IHSG melemah tipis seiring dengan merahnya bursa regional Asia

Pergerakan bursa hari ini lebih sering berada di zona merah meskipun sempat menguat hingga level 6072 terseret oleh melemahnya bursa Asia. IHSG ditutup turun 0,04% dengan enam dari sepuluh sektor bergerak negatif, terbebani anjloknya sektor basic industry sebesar  – 2,63%. Adapun sektor yang menopang pergerakan indeks di antaranya adalah consumer goods (+1,17%), trade (0,17%) dan manufacture (0,11%).

Asing net sell 252 miliar di pasar reguler

Di keseluruhan pasar asing memang masih mencatatkan inflow karena adanya net buy besar saham KPIG di pasar nego senilai 553 miliar, namun di pasar reguler yang berpengaruh ke harga saham, asing justru membukukan net sell sebesar 252,55 miliar dengan penjualan terbesar pada saham BBCA (-89 miliar), TLKm (-63 miliar) dan BBRI (-52 miliar).  Adapun saham – saham yang menjadi top net buy di antaranya adalah BMRI (41 miliar), ASII (28 miliar), INDF (22 miliar dan BBTN (13 miliar).

Bursa regional Asia terpuruk

Bursa Asia mayoritas bergerak merah dengan rentang yang tipis karena tidak adanya data ekonomi utama yang cukup signifikan menggerakkan pasar.

Di daratan China,Shanghai Composite indeks terjatuh 0,80%, sedangkan Hang Seng index turun 0,46%. STI Singapura juga turut menyusul dengan pelemahan sebesar 0,22%.  Adapun Nikkei Jepang juga tergelincir 0,22% menyusul menguatnya mata uang yen yang berpengaruh buruk ke negara berbasis ekspor tersebut.

Hari ini Kospi Korea Selatan menjadi indeks dengan performa terburuk di regional Asia  dengan kejatuhan sebesar 1,44% karena merosotnya saham Samsung hingga 5,08% setelah Morgan Stanley memangkas rekomendasinya dengan menyebutkan kekhawatiran bahwa booming pada chip memori kemungkinan akan segera memuncak.


 Image source: http://cdn.cnn.com

Author


Avatar